Achmad Rizki Murdianto yang baru berusia 2,5 tahun akan mendapatkan pengobatan omfalokel yang dideritanya. (Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi)
Achmad Rizki Murdianto yang baru berusia 2,5 tahun akan mendapatkan pengobatan omfalokel yang dideritanya. (Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi)

Balita Penderita Omfalokel di Sidoarjo Segera Dioperasi

Nasional sosial kemasyarakatan kesehatan anak
Syaikhul Hadi • 25 Oktober 2019 16:13
Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, membantu ananda Achmad Rizki Murdianto mendapatkan pengobatan. Balita 2,5 tahun asal Desa Kedensari, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, itu didiagnosa menderita penyakit omfalokel atau penonjolan di bagian usus sejak lahir.
 
Bidan desa yang menangani Rizki, Diah, mengatakan, penyakit yang diderita Rizki merupakan bawaan lahir. Pihaknya pun mengupayakan pengobatan untuk Rizki hingga ke RSUD dr Soetomo Surabaya.
 
"Sudah kami bawa ke Rumah Sakit Dr Soetomo dan akan dilakukan penanganan operasi, namun jadwal belum ditentukan, karena masih menunggu Rizki umur 3-4 tahun," ucap Diah, Jumat, 25 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Putra dari Eny, 35, kerap merasakan sakit perut bagian bawah kiri lantaran ususnya menonjol keluar. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah pun bertekad mengobati Rizki agar tak lagi merasakan sakit.
 
Saiful mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan RSUD Sidoarjo mengenai penyakit yang diderita Rizky.
 
"Bila memungkinkan untuk dilakukan operasi di RSUD Sidoarjo, akan kita upayakan secepatnya atas persetujuan dari orang tuanya," ujar Saiful.
 
Ia pun meminta orang tua Rizki bersabar. Saat ini pihaknya baru mampu memberikan santunan berupa dana tunai sebesar Rp2,5 juta.
 
Bantuan tersebut diambilkan dari dana BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Sidoarjo. Selain Rizki, puluhan keluarga fakir miskin juga mendapat santunan dari BAZ.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif