Pernikahan adat Toraja dapat dikatakan sebagai pernikahan yang memiliki tradisi berbeda dengan suku-suku lainnya. Foto: Antara/Zabur Karuru
Pernikahan adat Toraja dapat dikatakan sebagai pernikahan yang memiliki tradisi berbeda dengan suku-suku lainnya. Foto: Antara/Zabur Karuru

Hati Kepincut Gadis Toraja, Pria yang Ingin Meminang Harus Memerhatikan Hal Ini

Apakareba.id • 07 Oktober 2021 18:13
Apakareba: Indonesia sebagai negara yang kaya akan warisan budaya tentu memiliki banyak tradisi yang masih dilestarikan sampai saat ini. Salah satunya, tradisi pernikahan dari Tana Toraja.  
 
Ada serangkaian kegiatan yang wajib disimak para pria jika ingin berkeluarga dengan gadis Toraja:

Ada Toraja yang berbeda

Pernikahan adat Toraja dapat dikatakan sebagai pernikahan yang memiliki tradisi berbeda dengan suku-suku lainnya. Sebab, selain disahkan secara agama, kedua mempelai juga harus disahkan secara adat.
 
Dihimpun dari berbagai sumber berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

1. Seserahan wajib

Seserahan adat untuk upacara lamaran hingga pernikahan yang sesuai adat Toraja tak bisa semau pasangan yang ingin menikah. Masyarakat Toraja memiliki sejumlah seserahan yang wajib ada, yakni:
  • Kapur sirih.
  • Padi
  • Uang logam lama.
  • Parang
  • Baju adat khas Toraja.

Padi menjadi salah satu seserahan karena memiliki makna yang mendalam untuk orang Toraja. Padi menjadi lambang kesuburan dan rezeki bagi masyarakat Toraja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, uang logam lama menandakan Anda berniat menikahi seluruh bagian dalam hidup mempelai wanita. Termasuk leluhur yang dalam hal ini disimbolkan dalam uang logam lama.

2. Perjanjian pranikah (urrampan kapa)

Bukan hanya di negara Barat, masyarakat Toraja telah mengenal hal ini sejak lama. Prosesi yang mirip dengan perjanjian pranikah ini bertajuk urrampan kapa.
 
Prosesi ini bertujuan memastikan kedua keluarga saling membicarakan komitmen rumah tangga. Termasuk hukuman yang akan dijatuhkan kepada kedua calon pengantin bila melanggar perjanjian.

3. Tradisi rampanan kapa

Rampanan kapa, atau biasa disebut juga dengan istilah rambu tuka, merupakan pesta pernikahan adat Toraja. Dengan menggunakan pakaian adat khas adat Toraja, kedua mempelai menjalani tahap demi tahap yang ada.
 
Setelah semua tahapan telah dilalui, baru kedua mempelai dapat melaksanakan pengesahan pernikahan secara agama. Usai pengesahan secara agama maka kedua pengantin dianggap telah sah secara agama dan adat.
 
Nah, itulah rangkuman beberapa langkah dan persiapan yang harus Anda penuhi sebelum meminang gadis Toraja. Semoga bermanfaat dan tetap semangat!
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif