Situasi kepadatan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
Situasi kepadatan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Foto: Medcom.id/Hendrik)

Antisipasi Omicron, Bandara Soetta Diminta Rutin Screening Pegawai

Nasional bandara soetta Pencegahan Covid-19 Varian Baru Covid-19 tes PCR Omicron Varian Omicron
Hendrik Simorangkir • 05 Januari 2022 20:45
Tangerang: Dua pekerja Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, ditemukan terpapar covid-19. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta pengelola rutin melakukan skrining tes kepada para pegawainya.
 
"Pegawai di Bandara Soekarno-Hatta mungkin harus dilakukan surveillance atau testing secara berkala. Sebab banyak di antara mereka yang tinggal di sekitarnya atau di wilayah Kota Tangerang," ujar Arief, Rabu, 5 Januari 2022.
 
Arief menuturkan perlunya skrining tes covid-19 untuk pekerja, lantaran varian covid-19 omicron banyak ditularkan dari pelaku perjalanan luar negeri yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bandara kan memang pintu gerbang perlintasan, karena kita tahu banyak kasus omicron dari luar negeri. Makanya harus rutin digelar skrining," katanya.
 
Selain itu, Arief meminta pengelola Bandara Soekarno-Hatta juga tidak hanya berfokus melakukan skrining tes covid-19 terhadap para penumpang perjalanan luar negeri. 
 
Baca juga: Cuit Sara, Eks Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean Dipolisikan
 
"Kita minta bandara juga memonitor bukan hanya penumpang atau tamu-tamu domestik dan internasional, tapi pegawainya ini juga," ucap dia.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berkoordinasi dengan otoritas Bandara Soekarno-Hatta, terkait antisipasi penyebaran covid-19. Pasalnya, terdapat dua warga Kota Tangerang yang bekerja di sana terkonfirmasi positif covid-19.
 
Arief menuturkan saat ini pihaknya belum mengetahui apakah kedua pegawai bandara itu tergolong pasien yang terpapar omicron atau bukan. Langkah tracing perlu dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran covid-19 di Kota Tangerang. 
 
Menurt Arief, satu di antara dua pegawai terpapar covid-19 itu adalah petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan, satu pegawai lagi teridentifikasi sebagai pasien dari klaster keluarga, empat di antaranya positif covid-19.
 
"Yang satu itu jadi klaster keluarga. Satu rumah empat anggota. Ini ada satu lagi petugas Avsec, makanya kita minta hari ini Satgas Covid-19 Kota Tangerang berkordinasi dengan Satgas Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif