Massa Buruh Terobos Ruang Kerja Gubernur Banten. (Istimewa)
Massa Buruh Terobos Ruang Kerja Gubernur Banten. (Istimewa)

Kericuhan Buruh di Banten Disebut Efek Keputusan Anies Baswedan

Hendrik Simorangkir • 24 Desember 2021 18:10
Tangerang: Aksi unjuk rasa buruh yang berakhir didudukinya ruang kerja Gubernur Banten, Wahidin Halim, disebut bisa meluas ke provinsi lain.
 
Pengamat kebijakan publik, Adib Miftahul, mengaku tak heran jika belakangan aksi buruh marak karena adanya sikap gubernur yang tidak gentle menyikapi tuntutan.
 
"Kejadian di Banten merupakan efek domino dari mbalelonya Gubernur DKI Jakarta (Anies Baswedan) soal penetapan upah buruh. Kita bisa melihat, pertama Anies menetapkan sesuai dengan keinginan buruh, lalu ditolak buruh diserahkan kembali ke pusat," kata Adib dalam keterangan pers, Jumat, 24 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gubernur Banten Tak Akan Revisi UMP-UMK
 
Dia menjelaskan kebijakan Anies menetapkan kenaikan 5,6% yang tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Adib mempertanyakan keputusan Anies tersebut lantaran Pemprov kepanjangan tangan dari pemerintah pusat.
 
Menurutnya keputusan Anies berpotensi menyebabkan terjadinya ricuh di provinsi lain. Dia menilai sikap Anies kental dengan nuansa politis dengan alih-alih mengakomodir aspirasi buruh hanya demi panen popularitas.
 
"Di Banten misalnya, kita tahu sikap Gubernur Banten, Wahidin Halim, yang menolak merevisi UMP karena dia mengikuti aturan main dari Pemerintah Pusat. Dia pun sadar betul bahwa posisinya tidak memungkinkan untuk melakukan revisi, karena berpotensi melanggar penetapan aturan pemerintah pusat yang berujung pada perkara hukum," jelas Adib.
 
Menurut Adib sikap Anies Baswedan yang menjadikan isu UMP sebagai komoditas politik menuju Pilpres 2024 bakal mendorong aksi-aksi unjuk rasa buruh di provinsi lainnya.
 
"Saya pikir, sudah saatnya juga pemerintah pusat mengambil sikap tegas terhadap Gubernur yang mbalelo, agar kejadian di Banten tidak meluas ke provinsi lainnya," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif