Warga sudah mengantre sejak pukul 05.00 WIB meski loket baru buka sejak siang. Metro TV
Warga sudah mengantre sejak pukul 05.00 WIB meski loket baru buka sejak siang. Metro TV

Populer Daerah: Warga Gresik Rebutan Tiket Mudik Hingga Penempatan Penembak Jitu di Pelabuhan Merak

Nasional Mudik Lebaran hari raya idul fitri banten Pelabuhan Yogyakarta Berita Terpopuler Daerah Berita Populer Berita Populer Daerah Lebaran 2022
Medcom • 25 April 2022 08:00
Gresik: Ratusan pemudik warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur, berdesakan dan berebut tiket untuk mudik menuju Pulau Bawean pada Minggu, 24 April 2022. Warga sudah mengantre sejak pukul 05.00 WIB meski loket baru buka siang.
 
Saat loket dibuka paa 11.00 WIB, warga langsung berebut untuk mendapatkan tiket. Warga tidak lagi teratur mengantre tetapi berdesak mengerumuni loket di area terminal penumpang.
 
“Tidak sedikit warga terhimpit akibat berdesakan untuk mendapatkan tiket kapal karena pihak kapal hanya menjual 200 tiket per hari,” kata presenter Metro TV, Abdy Azwar Sahi, dalam tayangan Headline News di Metro TV, Minggu, 24 April 2022
 
Akibat aksi warga berebut tiket yang tidak terkendali, petugas keamanan Pelabuhan Gresik langsung membubarkan kerumunan warga. Demi menjaga ketertiban, petugas terpaksa mengalihkan penjualan tiket sementara di area bagian gudang yang lokasinya lebih luas dan terbuka.
 
Artikel terkait warga rebutan tiket mudik di Gresik menjadi paling banyak dibaca di kanal Daerah Medcom.id. Berita lain yang tak kalah menarik perhatian pembaca terkait penambahan jadwal KRL Yogyakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengelola kereta rel listrik (KRL) memutuskan menambah jadwal operasional untuk melayani mudik lokal. Layanan ini berlaku untuk KRL rute Yogyakarta-Solo maupun sebaliknya. 
 
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan operasional KRL dari semula 20 kali perjalanan jadwal ditambah menjadi 24 jadwal keberangkatan. Penambahan jadwal itu akan berkorelasi dengan peningkatan jumlah masyarakat yang mudik lokal maupun beraktivitas Yogyakarta-Solo dan sebaliknya. 
 
"Jumlah pengguna KRL tertinggi 15 ribu (per hari) saat libur akhir pekan. Jadi, selama lebaran ini jadwal keberangkatan KRL jadi 24," kata Anne ditemui di Stasiun Yogyakarta, Minggu, 24 April 2022. 
 
Ia menjelaskan pemberlakuan jadwal baru itu berlaku sejak 22 April hingga 13 Mei. Waktu atau jam keberangkatan jadwal tambahan itu disesuaikan dengan kepadatan jumlah penumpang. 
 
"Jamnya di-update di KAI Acces. Kemungkinan tambahan jadwal ada di jam sibuk sore atau pagi," kata dia. 
 
Baca: Wisata Goa Sunyaragi Kota Cirebon Disulap Jadi Rest Area untuk Pemudik
 
Sejauh ini, kata dia, tambahan jadwal KRL itu pukul 05.00 dan 19.10 WIB dari Solo dan pukul 10.45 dan 20.15 WIB dari Yogyakarta. Penambahan ini diharapkan bisa memenuhi kemungkinan lonjakan mobilitas masyarakat ataupun pemudik lokal. 
 
Sampai saat ini, ada sebanyak 10 rangkaian KRL yang dioperasikan untuk rute tersebut. Jadwal dan perkembangan operasionalnya dikomunikasikan dengan Kementerian Perhubungan. 
 
"Jika ada penambahan jadwal misalnya, kami harus sesuaikan dengan jadwal kereta api jarak jauh yang melayani pemudik. Jadwal kereta jarak jauh juga padat karena banyak masyarakat yang mudik," ujarnya. 
 
Pihaknya mengingatkan publik pemakai kereta api, termasuk KRL, agar senantiasi mematuhi protokol kesehatan. Anne mengingatkan masyarakat akan lebih aman dalam bepergian apabila sudah vaksin covid-19 dosis ketiga atau booster. 
 
"Harapannya mudik ini tidak ada lonjakan kasus setelah lebaran. 24 jadwal tambahan KRL akan dievaluasi kembali usai lebaran," kata dia.
 
Berita selanjutnya yang banyak dibaca terkait penempatan penembak jitu di Pelabuhan Merak, banten. 
 
Pasukan penembak runduk atau sniper bakal disebar di dalam Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Pasukan sniper itu akan disebar guna mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan keamanan selama arus mudik Lebaran.
 
"Kami sudah minta untuk diturunkan tim sniper ke Polda Banten, untuk memantau antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Minggu, 24 April 2022.
 
Menurut Sigit, kepadatan pemudik dikhawatirkan bisa menjadi rawan terjadinya tindak kejahatan di dalam maupun luar Pelabuhan Merak.
 
"Permintaan itu sangat penting lantaran antisipasi sangat diperlukan daripada menunggu harus menunggu ada kejadian terlebih dahulu," katanya.
 
Baca: Polda Sumbar Sebar Penembak Jitu di Jalur Mudik Rawan Kejahatan
 
Selain itu, Sigit menjelaskan, pihaknya pun antisipasi kejahatan jalanan di seluruh jalur mudik dan wisata. Tujuannya, kata Sigit, masyarakat yang berlibur dan pulang kampung, bisa merasa nyaman.
 
"Ketika lonjakan itu naik, kemungkinan kejahatan pun bisa muncul. Itulah yang kami antisipasi," jelasnya.
 
Sigit menambahkan, pihaknya telah menerjunkan personel di berbagai titik yang dianggap rawan selama arus mudik dan balik berlangsung.
 
"Kami terjunkan tim Jawara Polres Cilegon yang melakukan patroli secara preventif, satu pleton jumlahnya. Gabungan reserse kriminal dan intel Polres Cilegon dan didukung oleh Polda Banten, melakukan kegiatan berupa pengamanan tertutup," jelasnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif