?Sejumlah penyesuaian dilakukan dalam rangka mencegah lingkungan sekolah menjadi klaster baru penyebaran covid-19. Metro TV
?Sejumlah penyesuaian dilakukan dalam rangka mencegah lingkungan sekolah menjadi klaster baru penyebaran covid-19. Metro TV

Selamat Pagi Indonesia

Semarang Mulai PTM 100% untuk Tingkat SMP

Nasional Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka Selamat Pagi Indonesia
MetroTV • 10 Januari 2022 12:30
Semarang: Semarang, Jawa Tengah, memulai pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen bagi siswa SMP di Semarang pada Senin, 10 Januari 2022. Sejumlah penyesuaian dilakukan dalam rangka mencegah lingkungan sekolah menjadi klaster baru penyebaran covid-19.
 
Salah satu sekolah yang melaksanakannya yaitu SMPN 1 Semarang.
 
“Persiapannya tentu sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, protokol kesehatan harus dilaksanakan, dan alhamdulillah, kita juga sudah punya SOP,” ujar Kepala SMPN 1 Semarang Nining Sulistyaningsih dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Senin, 10 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pedoman teknis pelaksanaan meliputi pembagian jam masuk menjadi 3 sesi dengan jeda 40 menit. Masing-masing dimulai pada 07.30 WIB, 08.10 WIB, dan 8.50 WIB.
 
Sebelum mengikuti pembelajaran, setiap siswa diharuskan untuk mencuci tangan. Pembelajaran dilakukan dengan durasi 3 jam yang dibagi ke dalam 6 jam pelajaran. Jam istirahat berlangsung 15 menit dan siswa dilarang keluar kelas. 
 
Selama di lingkungan sekolah, siswa wajib selalu menjaga jarak dan memakai masker. Sekat dipasang di ruang kelas untuk memastikan siswa melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku. 
 
“Semoga covid-19 cepat hilang, biar kita sekolah enggak ada rasa takut dan bisa kayak biasanya,” ujar Salsabila, salah satu siswi SMPN 1 Semarang.
 
SMPN 1 Semarang bekerja sama dengan Satgas Covid-19 dan Dinas Pendidikan (Disdik) Semarang, Polsek, serta puskesmas setempat. Koordinasi dilakukan untuk memastikan PTM terlaksana secara aman dari penularan covid-19.
 
Sekolah melaporkan pelaksanaan PTM kepada Disdik Semarang setiap bulan. Laporan tersebut berisi sejumlah parameter dan aturan yang diikuti, di antaranya bila ditemukan siswa yang positif covid-19. 
 
SMPN 1 Semarang menemukan seorang siswa yang dikonfirmasi terpapar covid-19 saat pelaksanaan PTM 50 persen. Sekolah memberhentikan PTM dan berkoordinasi dengan puskesmas untuk melaksanakan swab test pada seluruh siswa di kelas tersebut. (Kaylina Ivani)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif