Hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. ANTARA/Aloysius Lewokeda
Hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. ANTARA/Aloysius Lewokeda

Warga di NTT Diminta Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Antara • 06 April 2022 12:34
Kupang: Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di Nusa Tenggara Timur (NTT) mewaspadai cuaca ekstrem. Kondisi tersebut berpotensi terjadi pada pancaroba dalam sepekan ke depan.
 
"Potensi cuaca ekstrem pada masa peralihan musim seperti hujan sedang hingga lebat disertai petir serta angin kencang berdurasi singkat," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG, Agung Sudiono Abadi, di Kupang, Rabu, 6 April 2022.
 
Baca: Angin Puting Beliung Rusak 131 Rumah di Garut

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan prospek cuaca satu minggu (5-11 April 2022) ke depan di wilayah NTT. Posisi Matahari saat ini berada di utara ekuator dan pada umumnya beberapa wilayah di NTT masih masa peralihan musim.
 
Ancaman cuaca ekstrem, kata Agung masih berpotensi terjadi di wilayah NTT pada masa peralihan musim sehingga perlu diwaspadai masyarakat.
 
"Waspadai potensi dampak, seperti banjir, tanah longsor, sambaran petir, maupun pohon tumbang," jelas Agung.
 
Agung mengimbau warga NTT agar tetap siaga terhadap ancaman bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu bisa terjadi sehingga bisa meminimalisasi dampak kerugian.
 
Ia mempersilakan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380) 881613 atau WhatsApp 081139404264.
 
Selain itu bisa melalui website: meteoeltari.com; email: met_kupang@yahoo.com, maupun aplikasi mobile INFO BMKG.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif