Vaksinasi hewan ternak di Dusun Pangganglele, Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Vaksinasi hewan ternak di Dusun Pangganglele, Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ternak Sudah Divaksin PMK Dipasangi 'Anting' Biru

Daviq Umar Al Faruq • 29 Juni 2022 13:37
Malang: Hewan ternak yang telah disuntik vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) bakal diberi tanda khusus. Hal ini terlihat saat vaksinasi di Dusun Pangganglele, Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
 
Vaksinastor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, drh Retno, mengatakan, sapi yang sudah disuntik vaksin PMK akan diberi tanda khusus berupa 'anting' biru disertai nomor.
 
"Bagian sapi yg disuntik vaksin adalah leher sebelah kanan dan satu bulan kemudian sapi akan disuntik vaksin kembali pada tahap kedua," kata Retno, Rabu, 29 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada vaksinasi PMK di kawasan Kalipare kali ini ada dua sentra peternakan yang menjadi sasaran, yakni sentra peternakan Subur dan Manunggal Abadi. Personel Polsek Kalipare pun ikut diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan pengawalan vaksinasi ini.
 
Kapolsek Kalipare Iptu Kukuh Purwono, mengatakan, jumlah hewan ternak yang disuntik vaksin PMK di sentra peternakan Subur sejumlah 196 ekor. Sedangkan pada sentra peternakan Manunggal Abadi, hewan yang telah divaksin sejumlah 287 ekor.
 
Baca juga:  Kabupaten Malang Dapat Jatah 57.500 Dosis Vaksin PMK

"Hari ini kita telah mengawal pelaksanaan vaksin PMK hewan ternak dengan jumlah total 483 dosis berjenis Aftopor," katanya.
 
Selain mengawal vaksinasi, polisi juga ikut memberikan himbauan dan edukasi kepada para peternak terkait pencegahan PMK pada hewan ternak. Salah satunya di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.
 
"Kami berupaya memberikan wawasan dan edukasi kepada Masyarakat terkait wabah virus PMK yang sedang melanda, mengingat sebentar lagi menjelang Hari Raya Idul Adha," kata Kapolsek Tirtoyudo, Iptu Teguh Iman.
 
Pada kegiatan tersebut, polisi tak hanya memberikan arahan dan edukasi tentang gejala PMK. Namun juga tata cara penanganan awal apabila terdeteksi gejala tersebut. Polisi juga melakukan patroli kepada seluruh peternak yang ada di wilayah hukumnya.
 
"Apabila ada yang diragukan terkait gejala PMK, segera laporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Perangkat Desa untuk diteruskan kepada petugas Dinas Peternakan Kecamatan Tirtoyudo," tegasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif