Rajia warga negara asing di Apartemen City Light, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, 15 Oktober 2019.  Medcom.id/ Farhan Dwitama
Rajia warga negara asing di Apartemen City Light, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa, 15 Oktober 2019. Medcom.id/ Farhan Dwitama

Empat WN Nigeria Ditangkap Lantaran Kejahatan Siber

Nasional kejahatan
Farhan Dwitama • 15 Oktober 2019 18:27
Tangerang: Petugas Imigrasi Tangerang menangkap satu Warga Negara Indonesia dan empat Warga Negara Asing (WNA) asal Nigeria karena diduga terlibat kejahatan siber, Selasa, 16 Oktober 2019. Kasi Intelejen dan Penindakan Kantor Imigrasi Tangerang Novan Indrianto mengatakan razia dilakukan di tiga lokasi di Tangerang Selatan.
 
"Pengawasan Timpora hari ini dikhususkan di wilayah Tangsel, satu di lembaga pendidikan dan 2 lokasi apartemen di kawasan Ciputat," kata Novan di Tangerang Selatan, Selasa, 16 Oktober 2019.
 
Novan menjelaskan WNI yang ditangkap diduga menampung orang asing ilegal. Dari pemeriksaan keempat WNA yang ditangkap tidak memiliki ijin tinggal dan akan segera dilakukan deportasi. "Tidak ada ijin tinggal dan diduga tidak memperpanjang Ijin tinggal, berdasarkan aturan Undang-undang yang berlaku keempat WNI akan dideportasi," jelas Novan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara seorang WNI, yang diduga menampung aktivitas WN asal Nigeria ini akan dikenakan tindak pidana ringan (tipiring).
 
"WNI ini memberikan penampungan dan fasilitas penampungan, tempat tinggal. Sanksi pidana tipiring dengan ancaman pidana kurungan 3 bulan dan denda 25 juta," ungkap Novan.
 
Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap empat WNA asal Nigeria tersebut, mereka datang ke Indonesia, dengan ijin berlibur dengan masa liburan selama 30 hari.
 
"Rata-rata mereka ini overstay, biasanya mereka menggunakan visa berlibur selama 30 hari. Kenyataannya mereka ini sudah 6 bulan bahkan satu tahun. Dugaan sementara ini mereka terlibat penipuan online, tapi dengan korban bukan di Indonesia, tapi diluar Negeri ini yang masih kami dalami nanti di kantor," pungkas Novan.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif