Ilustrasi--Petugas memperlihatkan kantong berisi darah dari pendonor saat kegiatan bakti sosial di Makodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA/Arnas Padda)
Ilustrasi--Petugas memperlihatkan kantong berisi darah dari pendonor saat kegiatan bakti sosial di Makodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA/Arnas Padda)

PMI Pangkalpinang Temukan 16 Sampel Darah Terpapar HIV

Nasional donor darah
Rendy Ferdiansyah • 11 Desember 2019 12:52
Pangkalpinang: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, menemukan 16 sampel darah terindikasi HIV(Human Immunodeficiency Virus). Sampel itu terkumpul sejak Januari-November 2019.
 
Kepala Bidang Pelayanan Darah PMI Kota Pangkalpinang Sjenileila Boer mengatakan, ada belasan sampel itu tidak akan bisa digunakan.
 
"Memang ada yang mendonor darah lalu pas kita lakukan tahap penyeleksiaan ternyata darah tersebut terindikasi HIV, tapi jangan khawatir karena darah tersebut tentu tidak akan kita gunakan," kata Sjenileila Boer, Rabu, 11 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan, sebelum darah dari para pendonor diberikan ke pihak rumah sakit, darah tersebut terlebih dahulu dilakukan pengecekan di Laboratorium.
 
"Jadi setiap darah dari para pendonor kita butuh waktu untuk pengecekannya, memisahkan dari yang sakit dengan yang tidak sakit, dan kalau ketemu darah yang sakit tentu langsung kita musnahkan," ungkap dia.
 
Ia menegaskan darah yang sudah sampai ke rumah sakit atau pihak yang membutuhkan sudah melewati tahap penyeleksian dari PMI Pangkalpinang.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif