Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. MI/Susanto
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. MI/Susanto

Tol Kunciran-Serpong Tersambung ke Bandara Soetta Maret 2020

Nasional infrastruktur jalan tol transjawa Tol Trans-Jawa
ant • 06 Desember 2019 15:46
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR berharap Tol Kunciran-Serpong akan tersambung langsung ke ruas tol Bandara Soekarno-Hatta pada Maret 2020.
 
"Maret 2020 sudah tersambung ke bandara, dari Kunciran langsung ke bandara bisa," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Basuki juga menambahkan bahwa untuk ruas tol ke arah sebaliknya, perkembangannya masih di Cimanggis - Bitung yang status tanahnya masih dalam upaya pembebasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait progres ruas Tol Kunciran-Serpong- Cinere, Menteri PUPR menyampaikan bahwa tol tersebut diharapkan dapat rampung pada semester II tahun 2020.
 
"Menurut ibu Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani tadi malam, tol itu diharapkan rampung pada semester II tahun 2020," kata Basuki.
 
Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ruas Kunciran-Serpong pada Jumat, 6 Desmeber 2019.
 
Tol Kunciran - Serpong merupakan salah satu ruas dari enam ruas tol yang menjadi bagian proyek JORR II, di mana tol Kunciran-Serpong memiliki panjang hingga 11,19 Km.
 
Menurut data dari Kementerian PUPR, pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang 109,57 kilometer yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok ini diharapkan dapat mengurangi beban Tol JORR I yang sudah semakin padat.
 
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan tol Kunciran-Serpong siap untuk diresmikan Presiden Joko Widodo.
 
Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan saat ini untuk uji layak fungsi Tol Kunciran-Serpong sudah dilakukan, dan tinggal menunggu sertifikat layak operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga.
 
Tol Kunciran-Serpong, lanjutnya, merupakan salah satu dari sejumlah proyek tol yang akan diresmikan pada akhir tahun ini seperti tol layang Jakarta-Cikampek, Tol Balikpapan-Samarinda, Tol Manado-Bitung seksi I dan II, dan Tol Pekanbaru seksi I dari Pekanbaru ke Minas.
 

(ALB)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif