Konsultan Pembangunan Asrama Nusantara, Gumilar. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
Konsultan Pembangunan Asrama Nusantara, Gumilar. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)

Asrama Mahasiswa Nusantara Akan Jadi Percontohan Nasional

Nasional jawa timur
Amaluddin • 05 November 2019 10:55
Surabaya: Konsultan Pembangunan Asrama Nusantara, Gumilar, menyebut, Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan menjadi percontohan nasional. Peletakan batu pertama pembangunan AMN akan dilakukan pada pertengahan 2020.
 
"Peletakan batu pertama sekitar semester kedua 2020. Nantinya asrama ini akan dijadikan semacam model percontohan di Tanah Air," kata dia, Senin, 4 Oktober 2019.
 
Sepanjang proses pembangunan, Gumilar memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur. Termasuk soal anggaran pembangunan asrama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Pembangunan asrama) nanti menyesuaikan jadwal turunnya APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Kami harapkan ini sudah masuk di anggaran tahun depan. Pembangunan di semester dua karena harus menunggu proses dan pematangan desain dan lainnya," lanjut dia.
 
Saat ini, kata Gumilar, Tim Konsultan sedang mengusulkan pembangunan asrama diatur khusus dalam Instruksi Presiden (Inpres). Pembangunan juga kan melibatkan kementerian/lembaga terkait seperti Bappenas, Kemenkeu, Kementerian PUPR, Menristek Dikti, dan lainnya.
 
"Misalnya soal penganggaran akan diatur Bappenas, nanti berkoordinasi dengan Kemenkeu. Kemudian pembangunannya Kementerian PUPR, lalu pembinaan konten kebangsaan dan sebagainya dari Ristek Dikti," ujarnya.
 
Dia menjelaskan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pembangunan asrama akan diturunkan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui sistem 'Bapak Asrama'.
 
"Tentunya nanti akan diaudit, dan di situ juga ada para pembina yang membimbing mahasiswa dan melihat perkembangan akademik dan non akademik, juga dalam hal sosialisasi mereka," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif