Warga Dusun Brau RT04/RW10, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, dievakuasi pasca longsor/istimewa.
Warga Dusun Brau RT04/RW10, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, dievakuasi pasca longsor/istimewa.

Longsor Melanda Dusun Brau Kota Batu

Daviq Umar Al Faruq • 03 Februari 2021 09:12
Batu: Warga Dusun Brau RT02/RW10, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, dievakuasi setelah bencana tanah longsor melanda kawasan tersebut pada Selasa malam, 2 Februari 2021. Bencana tanah longsor di kawasan tersebut dilaporkan sekitar pukul 20.00 WIB.
 
"Berdasarkan laporan dari warga via WhatsApp, telah terjadi tanah longsor di RT02/RW10 Dusun Brau. Kondisi di lokasi saat ini material longsor di belakang rumah warga," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, Rabu 3 Februari 2021.
 
Selanjutnya, tim reaksi cepat (TRC) PB BPBD Kota Batu langsung menuju lokasi untuk melakukan kaji cepat. Kemudian, TRC PB BPBD Kota Batu bersama Perangkat Desa melakukan proses evakuasi warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari hasil pengamatan di lapangan ditemukan beberapa titik longsor dari retakan tanah. Cuaca di Dusun Brau terpantau hujan ringan. Petugas di lapangan masih memberikan himbauan ke warga untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman," jelasnya.
 
Baca: Akses Malang-Kediri Jawa Timur Tertutup Total Akibat Longsor
 
Sebelumnya, BPBD Kota Batu telah melakukan monitoring, pemantauan, dan koordinasi terkait potensi ancaman longsor di Dusun Brau pada Senin 1 Februari 2021 mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB. Hasilnya didapat bahwa kawasan tersebut memiliki potensi bencana tanah longsor dalam waktu dekat.
 
Berdasarkan alarm Early Warning System (EWS) Tanah Longsor pada siang hari berbunyi dua kali, dan pada pukul 18.00 hingga pukul 20.00 WIB berbunyi 15 kali. Setelah pukul 20.00 hingga pukul 22.00 WIB alarm EWS tidak berbunyi.
 
Dari hasil kaji cepat itu, BPBD Kota Batu menduga terjadi tanah bergerak di lokasi tersebut. Namun, petugas sempat kesulitan melakukan pengamatan di lokasi, lantaran terkendala malam hari.
 
Selanjutnya, BPBD Kota Batu bersama TNI, Polri, Tagana Kota Batu, Perangkat Kecamatan Bumiaji, Perangkat Desa Gunungsari melaksanakan penanganan darurat kejadian tanah longsor di Dusun Brau. Penanganan darurat meliputi tindakan darurat pemasangan terpal di area longsor dan pendirian shelter bagi warga terdampak.
 
Diketahui di Dusun Brau sendiri terdapat 15 keluarga. Warga setempat bersedia dievakuasi yang lokasinya dipandang aman, dan tidak jauh dari rumahnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif