ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Blitar Klaim 100% Siap Sekolah Tatap Muka

Nasional Virus Korona sekolah pandemi covid-19
Clicks.id • 24 November 2020 12:51
Blitar: Seluruh sekolah di wilayah Kabupaten Blitar diklaim sudah bisa menggelar belajar tatap muka pada Januari 2021. Saat ini semua sekolah di semua jenjang telah menyiapkan infrastruktur penunjang untuk mendukung rencana tersebut.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusuma Marjaka, mengatakan saat ini hampir seluruh sekolah sudah menjadi sekolah tangguh.
 
"Alhamdulillah 99 persen sekolah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka," kata Budi di Blitar, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Imbas Libur Panjang, Pasien RS Lapangan Surabaya Meningkat 400%
 
Budi menjelaskan semua prosedur protokol kesehatan telah dipenuhi mulai dari konsep pembelajaran hingga utilitas penunjang lainnya. Menurtnya jumlah sekolah di Kabupaten Blitar cukup banyak, terdiri dari negeri dan swasta dengan rincian Sekolah Dasar (SD) 875 lembaga, terdiri atas 653 negeri dan 222 swasta.
 
Kemudian Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 168 lembaga, yakni 60 negeri dan 108 swasta. Sedangkan SMA sebanyak 44 lembaga, yakni 10 negeri dan 34 swasta serta SMK sebanyak 32 lembaga, dengan perincian 6 negeri dan 26 swasta.
 
Menurutnya persiapan yang dilakukan mulai dari pengecekan atau tes covid-19 terhadap guru dan kepala sekolah, terutama menyangkut pelaksanaan protokol kesehatan covid-19. Kemudian juga ketersediaan sarana dan prasarana protokol kesehatan di masing masing sekolah.
 
"Termasuk skenario pembelajaran dan kurikulum khusus," jelasnya.
 
Budi mengatakan dalam persiapan pelaksanaan belajar tatap muka nanti, setiap sekolah diwajibkan membentuk Tim Satgas Covid-19 yang bekerja sama dengan puskesmas setempat. Ketika sewaktu-waktu ditemukan kasus di sekolah, tim akan langsung berkoordinasi dengan puskesmas.
 
Menurut Budi izin tertulis dari orang tua secara prinsip tetap berlaku. Setiap siswa yang melaksanakan belajar tatap muka harus seizin orang tua, baik dilakukan secara bergiliran maupun penuh.
 
"Alhamdulillah sejauh ini wali murid 100 persen mendukung dan menyetujuinya," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif