Peta Pulau Seram, Maluku Tengah, istimewa
Peta Pulau Seram, Maluku Tengah, istimewa

Kapolda Dukung Perjuangan Pemekaran Kabupaten Seram Utara Raya

Nasional otonomi daerah
Hamdi Jempot • 16 Desember 2014 13:10
medcom.id, Wahai: Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismail mendukung perjuangan warga untuk pemekaran Kabupaten Seram Utara Raya. Bahkan, Kapolda menyatakan pemekaran kabupaten di Provinsi Maluku itu merupakan harga mati.
 
Pernyataan itu disampaikan Kapolda saat berhadapan dengan seratusan warga Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, yang berunjuk rasa di Mapolda Maluku, Selasa (16/12/2014). Selain Mapolda, warga juga berunjuk rasa di Kantor Gubernur dan DPRD Maluku.
 
Namun, kata Kapolda, ia akan menindak warga yang melakukan pengrusakan dan pembakaran fasilitas pemerintah. Ia juga tak segan-segan menindak anggotanya bila berlaku tidak profesional pada pengunjuk rasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapolda mengaku sudah menyampaikan aspirasi itu kepada Gubernur Maluku Said Assagaf. Sebelumnya, Gubernur pun sudah merekomendasikan pemekaran Kecamatan Seram Utara Teluk Dalam menjadi kabupaten lepas dari Kabupaten Maluku Tengah.
 
Namun Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menyatakan belum dapat memekarkan Kabupaten Seram Utara Raya. Alasannya, syarat pemekaran belum terpenuhi. Penolakan Pemkab Maluku Tengah itu pun menuai aksi protes. Selain berunjuk rasa pada pekan lalu, warga juga membakar sejumlah fasilitas milik pemerintah dan umum di kecamatan tersebut.
 

 

(RRN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif