Lokasi longsor yang mengakibatkan seorang meninggal dunia di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). (ANTARA/Ho BPBD Kabupaten Kuningan)
Lokasi longsor yang mengakibatkan seorang meninggal dunia di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). (ANTARA/Ho BPBD Kabupaten Kuningan)

Longsor di Kuningan Jabar, 1 Warga Tewas

Antara • 22 Januari 2023 22:09
Cirebon: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Indra Bayu Permana menyebutkan terjadi bencana tanah longsor di beberapa lokasi, dan mengakibatkan seorang warga meninggal dunia setelah tertimpa material longsor.
 
"Korban meninggal dunia atas nama Nurhayati, 37, akibat tertimpa material longsor," kata Indra saat dihubungi, Minggu, 22 Januari 2023.
 
Menurut dia, kejadian longsor tersebut terjadi di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, pada Minggu sekitar pukul 16.00 WIB, setelah sejak pukul 14.00 WIB daerah itu diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hujan tersebut, kata Indra, mengakibatkan tembok penahan rumah (TPT) warga setempat longsor dan menimpa korban yang pada saat kejadian sedang melintas di lokasi, setelah menjemput anak dari mengaji.
 
Baca juga: Jalur Solo-Boyolali Putus Tertimbun Longsor

Ia menjelaskan, korban meninggal saat dibawa ke rumah sakit setempat, karena mengalami luka dan sulit bernapas setelah tertimpa material longsoran.
 
"Korban meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit, dan saat ini sudah disemayamkan di rumah duka," tuturnya.
 
Indra menambahkan bahwa TPT yang mengalami longsor itu dengan panjang 10 meter, tinggi 3 meter, serta ketebalan lebih dari satu meter.
 
Saat ini, kata dia, petugas dan warga sekitar sudah melakukan upaya pembersihan lokasi kejadian, karena material longsor menimpa jalan desa.
 
Kejadian longsor di Kabupaten Kuningan terjadi di beberapa titik, baik yang menimpa jalan desa maupun jalan penghubung antara Kuningan dan Majalengka.
 
"Kami terus mendata lokasi yang longsor, karena setelah diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi mengakibatkan daerah yang didominasi perbukitan menyebabkan tanah longsor," jelasnya.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif