Keindahan wisata di Desa Sembungan Wonosobo. Foto: Dok/Metro TV
Keindahan wisata di Desa Sembungan Wonosobo. Foto: Dok/Metro TV

Menengok Pesona Keindahan Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Jawa

MetroTV • 09 Juli 2022 00:44
Wonosobo: Desa Sembungan yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah kini menjadi destinasi favorit wisatawan. Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 2.300 Mdpl.  
 
Desa ini disebut sebagai desa tercantik di Asia karena memiliki bentang alam yang indah dan menakjubkan. Di Desa Sembungan juga terdapat danau cantik yang bernama telaga Cebong.
 
Wisatawan yang datang kerap bermalam di arena kemah yang terletak di pinggir telaga. Wisatawan juga dapat menikmati panorama alam yang asri dan sejuknya udara malam di sana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena semalam itu terang, jadi sambil melihat telaga, bisa sambil melihat bintang juga," ucap seorang wisatawan, Anton dalam  tayangan News Line di Metro TV, Jumat, 8 Juli 2022.
 
Sejumlah wisatawan juga mengaku sangat takjub dengan keindahan alam yang ada di Desa Sembungan, terutama ketiga pagi hari. Bahkan, sunrise di telaga Cebong dijuluki sunrise tercantik se-Asia.
 
“Sunrise-nya luar biasa, mungkin semua manusia punya matahari, tetapi yang laku di desa Sembungan ini,” kata kepala Desa Sembungan, Tuyali.
 
Pada siang hari, pengunjung juga dapat menikmati keindahan telaga Cebong dengan perahu wisata. “Kalau siang bagus juga, makanya kita kaget dapet view kaya gini,” ujar Anton.
 
Tuyali mengatakan, dahulu desa tersebut merupakan desa tertinggal. Namun, desa tersebut kini dapat dikelola menjadi destinasi favorit wisatawan dengan melibatkan semua elemen masyarakat.
 
Saat ini Desa Sembungan masuk ke dalam 50 besar anugerah desa wisata Indonesia 2022 Kementerian Pariwisata dan dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). (Vania Augustine Dilia)
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif