Hutan di jalur pendakian Gunung Semeru terbakar. (Foto: Dok./BB-TNBTS)
Hutan di jalur pendakian Gunung Semeru terbakar. (Foto: Dok./BB-TNBTS)

Benih Disebar di Tujuh Gunung di Jatim

Nasional bencana banjir kebakaran gunung
Faishol Taselan • 06 Februari 2020 16:37
Surabaya: Pemerintah Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur segera menebar benih di tujuh gunung di wilayah Jatim. Sebanyak tujuh gunung yang gundul berpotensi menimbulkan longsor dan banjir bandang di kawasan Jawa Timur.
 
"Tujuh gunung tersebut Gunung Raung, Gunung Arjuno, Gunung Ijen, Gunung Semeru, Gunung Welirang, Gunung Bromo, dan Gunung Argopuro," kata Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur Subhan Wahyudiono, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Dia menerangkan hutan gundul di tujuh gunung itu akibat kebakaran hutan dan alih fungsi lahan menjadi perkebunan dan ladang. Dia mengatakan benih ditebar melalui udara menggunakan pesawat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah Jawa Timur akan melakukan reboisasi di daerah hutan gundul yang letaknya di lereng pegunungan dengan ketinggian 1.000 sampai 1.500 meter," jelasnya.
 
Pihaknya sedang mengumpulkan berbagai benih untuk ditebar. BPBD akan bekerjasama dengan Lanud Abdurahman Saleh untuk menebar benih di lereng gunung.
 
Subhan sebelumnya mengatakan penyebab utama banjir bandang di Kabupaten Jember, pada Sabtu, 1 Februari 2020, karena kebakaran sejumlah gunung. Material sisa kebakaran hutan, seperti arang kayu terbawa banjir dari arah gunung.
 
"Beberapa gunung di Jatim kan sempat terjadi kebakaran beberapa waktu lalu, misalnya Gunung Ijen, Raung, Argopuro, Semeru, Arjuno. Makanya banjir bandang di Jember ini membawa material bekas kebakaran, sisa-sisa kayu seperti arang gitu," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Subhan Wahyudiono, dikonfirmasi, Minggu, 2 Februari 2020.
 
Selain itu, banjir bandang juga menerjang dua desa di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu siang, 29 Januari 2020. Banjir diduga imbas kebakaran hutan dan lahan.
 
"Banjir bandang ini akibat daerah hulu hujan deras. Selain itu pada Oktober-November kebakaran hutan di kawasan pegunungan Ijen," kata Kepala BPBD Kabupaten Bondowoso, Kukuh Triyatmoko, saat dikonfirmasi Medcom.id, Kamis 30 Januari 2020.
 
Kebakaran terjadi pada Oktober 2019 menghanguskan sekitar 940 hektare kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Gunung Ranti, dan Gunung Merapi Ungup-Ungup. Kebakaran ini sempat membuat Taman Wisata Kawah Ijen ditutup pada 20 Oktober hingga 6 November 2019.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif