ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkot Banjarmasin Persilakan Masyarakat Salat Id di Masjid dan Lapangan

Nasional Idul Adha hewan kurban
ant • 30 Juli 2020 11:44
Banjarmasin: Pemerintah Kota Banjarmasin mempersilakan masyarakat yang ingin melaksanakan Salat Iduladha 1441 Hijriah secara berjamaah, baik di masjid maupun di lapangan. Namun masyarakat diminta menerapan protokol kesehatan covid-19.
 
"Masyarakat yang melaksanakan salat id diimbau agar semua menaati protokol kesehatan, sebab penyebaran covid-19 belum reda," katanya Wali Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan Ibnu Sina, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Ia mengatakan seperti salat jumat yang sudah dilaksanakan selama ini, maka salat id juga demikian, yakni mematuhi protokol kesehatan. Ibnu meminta masyarakat tidak meremehkan penyebaran covid-19 itu karena kalau tidak semua waspada, maka akan menjadi bencana bagi semuanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, Ibnu juga meminta tempat pelaksanaan salat id agar mengikuti imbauan menjaga jarak, baik di masjid maupun di lapangan.
 
"Bawa sajadah sendiri, sebelum masuk masjid atau datang ke lapangan mencuci tangan dan memakai masker, jadi sama-sama menjaga," katanya.
 
Dia meminta pihak panitia pelaksanaan salat berjamaah id juga membaca panduan dari Kementerian Agama dalam melaksanakan ibadah berjamaah yang aman dari covid-19. Termasuk pelaksanaan ibadah berkurban harus mengikuti anjuran protokol kesehatan.
 
"Kalau bisa dalam pelaksanaannya tidak membuat kerumunan banyak orang, bahkan kalau membagi daging kurban, baiknya langsung diantar ke rumah warga," katanya.
 
Dia pun meminta agar wadah daging kurban juga jangan menggunakan kantong plastik, tapi wadah ramah lingkungan, misalnya dengan "bakul purun".
 
"Sebab daerah kita jadi percontohan daerah lain yang berhasil mengurangi sampah kantong plastik, khususnya tidak lagi ada di toko dan pasar moderen," demikian Ibnu Sina.
 

(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif