Medan: Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan menggelar simulasi pelayanan makanan dan minuman pada hotel bintang lima melalui kegiatan joint practice bagi siswa kejuruan pariwisata BBPLK Medan. Para siswa tersebut melaksanakan simulasi pelayanan makan siang dan sarapan, di workshop Food & Beverage Product BBPLK Medan.
Program joint practice merupakan kolaborasi kegiatan praktek peserta pelatihan program pelatihan Commercial Cookery, Bakery, Commis Pastry, & Restaurant Attendant yang berlangsung selama seminggu. Mulai dari 8 Maret hingga 16 Maret 2021.
Kegiatan tersebut menghadirkan para General Manager (GM) Hotel di Kota Medan dan sekitarnya yang tergabung dalam Indonesian Hotel Manager Association (IHGMA).
Mereka adalah GM Sibayak Hotel, Santika Dyandra, Reiz Condo, Gran Inna, Hotel, Harper Wahid Hasyim, Ibis Style, Grand Mercure, Four Point By Sheraton, Fave Hotel S Parman, Prime Plaza Kualanamu, Swisbelinn Gajah Mada, Lepolonia By Topotels dan General Manager Aryaduta Medan, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara, APINDO, KADIN, PHRI dan pengurus FKLPI Provinsi Sumatera Utara.
"Hari ini sedang berlangsung join practice antara beberapa peserta pelatihan dari pelatihan yang berbeda. Mulai dari room attendant, cookery, hingga pelatihan pastry, di mana mereka berkolaborasi satu sama lain menyuguhkan satu pelayanan yang kita andaikan di sebuah hotel bintang lima," ujar Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali, dikutip keterangan tertulis, Jumat, 19 Maret 2021.
Dalam pelatihan tersebut, para GM Hotel sangat senang melihat pelayanan yang diberikan oleh para peserta. Mereka juga mengingat pengalaman awal memulai karir di dunia perhotelan yang merasakan posisi yang sama yang sedang diperankan oleh para peserta.
Menurut GM Hotel Sibayak Achmad Zulham, makanan yang disuguhkan tidak kalah dengan restoran hotel bintang lima. Demikian juga pelayanan yang diberikan sudah menunjukkan standar pelayanan di industri perhotelan.
"Beberapa catatan perbaikan sangat dimaklumi mengingat pelatihan yang baru dilaksanakan selama dua bulan. Seiring dengan jam terbang yang bertambah, saya yakin para peserta akan semakin mahir dan tidak tertutup kemungkinan mereka bisa mencapai puncak karir sebagai GM Hotel. Seperti yang sudah kami lewati,” ujar Achmad Zulham, yang juga Ketua DPD IHGMA Sumatera Utara.
(Foto: Dok. Kemenaker)
Kegiatan itu juga menghadirkan para content creator yang tergabung dalam Komunitas Kreatif Kota Medan. Joint practice pada hari terakhir juga dihadiri oleh para penggiat media di Kota Medan, antara lain Wartawan RRI, Media Sumutku, Harian SIB, WASPADA, Online SIB, Harian G.com, Harian Media 24 Jam, TVRI, Sumut POS, Tribun Medan, TV One, & SmartFM.
Kegiatan Joint Practice dimaksudkan untuk mensimulasikan suasana pelayanan pada hotel bintang lima, sehingga diharapkan para peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Medan lebih siap dan pecaya diri untuk bekerja pada sektor pariwisata dan perhotelan.
Medan: Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan menggelar simulasi pelayanan makanan dan minuman pada hotel bintang lima melalui kegiatan joint practice bagi siswa kejuruan pariwisata BBPLK Medan. Para siswa tersebut melaksanakan simulasi pelayanan makan siang dan sarapan, di workshop Food & Beverage Product BBPLK Medan.
Program joint practice merupakan kolaborasi kegiatan praktek peserta pelatihan program pelatihan Commercial Cookery, Bakery, Commis Pastry, & Restaurant Attendant yang berlangsung selama seminggu. Mulai dari 8 Maret hingga 16 Maret 2021.
Kegiatan tersebut menghadirkan para General Manager (GM) Hotel di Kota Medan dan sekitarnya yang tergabung dalam Indonesian Hotel Manager Association (IHGMA).
Mereka adalah GM Sibayak Hotel, Santika Dyandra, Reiz Condo, Gran Inna, Hotel, Harper Wahid Hasyim, Ibis Style, Grand Mercure, Four Point By Sheraton, Fave Hotel S Parman, Prime Plaza Kualanamu, Swisbelinn Gajah Mada, Lepolonia By Topotels dan General Manager Aryaduta Medan, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara, APINDO, KADIN, PHRI dan pengurus FKLPI Provinsi Sumatera Utara.
"Hari ini sedang berlangsung join practice antara beberapa peserta pelatihan dari pelatihan yang berbeda. Mulai dari room attendant, cookery, hingga pelatihan pastry, di mana mereka berkolaborasi satu sama lain menyuguhkan satu pelayanan yang kita andaikan di sebuah hotel bintang lima," ujar Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali, dikutip keterangan tertulis, Jumat, 19 Maret 2021.
Dalam pelatihan tersebut, para GM Hotel sangat senang melihat pelayanan yang diberikan oleh para peserta. Mereka juga mengingat pengalaman awal memulai karir di dunia perhotelan yang merasakan posisi yang sama yang sedang diperankan oleh para peserta.
Menurut GM Hotel Sibayak Achmad Zulham, makanan yang disuguhkan tidak kalah dengan restoran hotel bintang lima. Demikian juga pelayanan yang diberikan sudah menunjukkan standar pelayanan di industri perhotelan.
"Beberapa catatan perbaikan sangat dimaklumi mengingat pelatihan yang baru dilaksanakan selama dua bulan. Seiring dengan jam terbang yang bertambah, saya yakin para peserta akan semakin mahir dan tidak tertutup kemungkinan mereka bisa mencapai puncak karir sebagai GM Hotel. Seperti yang sudah kami lewati,” ujar Achmad Zulham, yang juga Ketua DPD IHGMA Sumatera Utara.
(Foto: Dok. Kemenaker)
Kegiatan itu juga menghadirkan para content creator yang tergabung dalam Komunitas Kreatif Kota Medan. Joint practice pada hari terakhir juga dihadiri oleh para penggiat media di Kota Medan, antara lain Wartawan RRI, Media Sumutku, Harian SIB, WASPADA, Online SIB, Harian G.com, Harian Media 24 Jam, TVRI, Sumut POS, Tribun Medan, TV One, & SmartFM.
Kegiatan Joint Practice dimaksudkan untuk mensimulasikan suasana pelayanan pada hotel bintang lima, sehingga diharapkan para peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Medan lebih siap dan pecaya diri untuk bekerja pada sektor pariwisata dan perhotelan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ROS)