Pejabat ABU Tours dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Makassar, Kamis 21 Februari 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
Pejabat ABU Tours dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Makassar, Kamis 21 Februari 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Dua Pejabat ABU Tours Divonis 16 dan 14 Tahun Pejabat

Nasional penipuan ibadah umrah Abu Tours Travel
Muhammad Syawaluddin • 21 Februari 2019 20:26
Makassar: Dua pejabat ABU Tours and Travel yakni mantan Manager ABU Tours Muh. Kasim Sunisi dan mantan Manajer Marketing ABU Tours Chaeruddin divonis lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum.
 
Muh. Kasim Sunusi divonis majelis hakim pidana 16 tahun penjara. Sementara, Chaeruddin divonis dengan pidana penjara selama 14 tahun penjara dan masing-masing didenda sebesar Rp100 juta dengan ketentuan subsider selama 1 tahun.
 
"Terdakwa bersalah dalam tindak pidana penggelapan dan pencucian uang jemaah umrah yang dilakukan secara bersama-sama dan berlanjut," kata, Majelis Hakim, Denny Lumban Tobing, saat sidang lanjutan ABU Tours, di Pengadilan Negeri Makassar, Kamis 21 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam amar putusan yang dibacakan ketua majelis hakim Denny Lumban Tobing, kedua terdakwa dianggap melanggar pasal 372 juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP tentang penggelapan.
 
Selain itu keduanya juga melanggar pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP.
 
Keduanya dianggap terlibat dan bertanggung jawab atas kerugian 96.976 jamaah yang gagal diberangkatkan sejak 2018 hingga 2020 dan tersebar di 15 provinsi di Indonesia dengan total kerugian mencapai Rp1,2 triliun.
 
"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa M Kasim selama 16 tahun penjara dengan membayar pidana denda sebesar Rp300 juta subsider kurungan selama 1 tahun 2 bulan," jelas Denny.
 
Baca: Istri Bos ABU Tours Divonis 19 Tahun Penjara
 
Muh. Kasim Sunusi dianggap terlibat dalam pembelian aset-aset Abu Tours dan mentransfer uang jemaah ke rekening pribadi Hamzah Mamba berdasarkan perintah Hamzah Mamba. Sedangkan, Chaeruddin sempat menjalankan perintah Hamzah Mamba untuk menyembunyikan beberapa sertifikat aset-aset Abu Tours yang berasal dari uang jemaah.
 
"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Chaeruddin dengan pidana selama 14 tahun penjara dengan membayar pidana denda sebesar Rp300 juta dengan ketentuan subsider selama 1 tahun 2 bulan," kata Denny.
 
Vonis keduanya lebih ringan dua tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Muhammad Kasim dituntut 18 tahun penjara denda Rp100 juta subsidaer 1 tahun kurungan. Terendah, Chaeruddin yang dituntut 16 tahun denda Rp100 juta subsidaer 1 tahun kurungan penjara.
 
Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar telah memvonis Bos ABU Tours, Hamzah Mamba dengan pidana selama 20 tahun penjara dengan denda Rp500 juta subsider 1 tahun. Selanjutnya, Istri Hamzah Mamba divonis dengan 19 tahun dengan denda Rp100 juta subsider 1 tahun 2 bulan.
 
Baca: Divonis 20 Tahun Penjara, Bos ABU Tours Berencana Banding
 

 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif