pemilik 'Busana Jawi Suratman', Sugiyatno di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 1 Desember 2022.
pemilik 'Busana Jawi Suratman', Sugiyatno di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 1 Desember 2022.

Keluarga Presiden Pesan 3 Motif Batik untuk Pernikahan Kaesang-Erina

Triawati Prihatsari • 01 Desember 2022 17:46
Solo: Keluarga Presiden Joko Widodo bakal menggunakan tiga motif batik untuk acara Ngunduh Mantu pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono. Ketiga motif batik tersebut akan dipasangkan dengan setelan beskap.
 
Beskap untuk pernikahan Kaesang-Erina dipesan dari Toko Batik 'Busana Jawi Suratman' yang berlokasi di Jalan Teuku Umar 14 Solo, Jawa Tengah.
 
"Keluarga Presiden memesan 249 kain batik yang terdiri dari tiga motif. Jarik (kain) yang dipesan untuk tanggal 9, 10, dan 11 Desember nanti," ujar pemilik 'Busana Jawi Suratman', Sugiyatno di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 1 Desember 2022.
 
Baca: Erina Galau Pilih Paes Ageng atau Jogja Putri untuk Rias Pengantin

Pemesanan jarik dan beskap untuk pernikahan Kaesang-Erina di Solo sendiri sudah dilakukan sejak September 2022 lalu. Pemesanan akan segera diselesaikan awal Desember 2022 ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketiga motif batik tersebut yaitu motif batik Sido Drajat, Ceplok, dan Sidodadi. Diketahui, jarik motif Sido Drajat akan digunakan untuk prosesi pernikahan pada 9 Desember
 
"Sedangkan motif Ceplok untuk tanggal 10, dan motif Sidodadi untuk tanggal 11. Masing-masing motif ini ada filosofinya sendiri. Motif batik Sido Drajat biasa digunakan untuk acara adat siraman sebelum melangsungkan pernikahan. Motif ini memiliki arti menaikkan derajat seseorang," imbuhnya.
 
Kemudian untuk motif batik Ceplok digunakan untuk sebuah pertemuan atau perjodohan. Biasanya motif ini digunakan untuk akad nikah.
 
Sedangkan motif batik Sidodadi digunakan untuk Ngunduh Mantu. Motif ini memiliki filosofi pengharapan supaya perniakahan berlangsung langgeng.
 
"Motif Ceplok sepertinya akan digunakan untuk akad di Yogyakarta. Selain jarik, keluarga Presiden juga memesan tiga macam jenis beskap yakni beskap Landung, Atela, dan Krowok," bebernya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif