Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (istimewa)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (istimewa)

Ganjar Dorong Kadin Jateng Turut Kendalikan Harga Cabai

Lukman Diah Sari • 11 Agustus 2022 14:08
Semarang: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) mendorong Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah (Kadin Jateng) mengatasi lonjakan harga cabai. Menurut Ganjar, Kadin Jateng mesti aktif dalam mendukung penurunan harga cabai.
 
Ganjar menjelaskan saat ini cukup banyak perantara dalam bisnis cabai di Jateng. Dengan dukungan dari Kadin Jateng, Ganjar berharap perantara tersebut bisa dipangkas, sehingga pengendalian harga cabai bisa lebih mudah. 
 
"Mungkin kalau itu (perantara) bisa pendek, rasa-rasanya pengendaliannya jauh akan lebih mudah karena pengambil untungnya tidak terlalu banyak," kata Ganjar di Majapahit Convention, Kota Semarang, Jateng, Kamis, 11 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar menjelaskan perantara dalam bisnis cabai bisa diganti dengan perkembangan teknologi melalui digitalisasi. Menurut Ganjar, digitalisasi juga menyesuaikan pasar yang saat ini tersedia. 
 
"Dengan melihat market potential yang ada, dan bisa menemukan antara petani dan pedagang atau pembeli nantinya secara lebih dekat lagi dengan tidak adanya perantara, mungkin itu bisa membantu," jelas dia.
 

Baca: Presiden Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Pekarangan


Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menghadiri pengukuhan pengurus Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah (Kadin Jateng) periode 2022 hingga 2027. Ganjar meminta pengurus baru segera rapat kerja dan menyiapkan program terbaru, termasuk mengatasi persoalan harga cabai. 
 
"Saya titipkan setelah ini segera lakukan rapat kerja, siapkan programnya, komunikasikan ke kita, agar kita bisa bekerja di lapangan bersama-sama," pesan Ganjar.
 
Ganjar mengajak Kadin Jateng melakukan berbagai ulasan di berbagai sektor industri perdagangan. Menurut Ganjar, ulasan dari para profesional bisnis di Kadin Jateng dapat menjadi pertimbangan untuk menyempurnakan kebijakan ke depan. 
 
"Saya ajak tadi segera lakukan review sektor-sektor tertentu bahkan subsektor tertentu sampai kebijakannya versi pengusaha, versi kamar dagang dan industri," tutur Ganjar.
 
Sebelumnya, Ganjar sudah melakukan pengecekan harga cabai di Pasar Wage dan Pasar Pembimbing wilayah Kota Purwokerto, Banyumas, Jateng. Dalam pengecekan tersebut, Ganjar mendapati harga cabai berkisar Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif