Rumah warga tergenang air, Sabtu, 21/1/2023) (ANTARA/ Mira Ulfa)
Rumah warga tergenang air, Sabtu, 21/1/2023) (ANTARA/ Mira Ulfa)

12 Kecamatan di Pidie Terendam Banjir

Antara • 21 Januari 2023 17:46
Pidie: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie, Aceh, menyebutkan sebanyak 12 kecamatan terdampak banjir akibat hujan deras melanda kawasan itu sejak Jumat, 20 Januari 2023.
 
Kepala Bidang Darurat dan Logistik Bencana (BPBD) Pidie, Nasruddin mengatakan data sementara yang diperoleh BPBD Pidie, 12 kecamatan tersebut terendam banjir sejak Sabtu pagi tadi sekitar pukul 05.00 WIB.
 
Adapun 12 kecamatan itu yakni Kecamatan Pidie, Kota Sigli, Mutiara Barat, Mutiara Timur, Glumpang Baro, Padang Tiji, Sakti, Tangse, Titue, Keumala, Delima dan Indrajaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Banjir terjadi karena intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Pidie sehingga menyebabkan debit air Sungai/Krueng Tiro, Krueng Paloh, Krueng Lala, Krueng Rubee dan Krueng Rukoh meluap,” katanya di Pidie, Sabtu, 21 Januari 2023.
 
Baca: Sungai Meluap, Ratusan Rumah Terendam di Kabupaten Semarang

Menurut dia, meluapnya sungai di daerah tersebut mengakibatkan rumah warga, fasilitas umum seperti jalan, persawahan masyarakat hingga Mapolsek terendam banjir. Selain itu, pohon besar di kawasan Keunire Kota Sigli juga tumbang dan menutup badan jalan, dan saat ini sedang dalam evakuasi.
 
Berdasarkan data sementara ada 40 kepala keluarga (KK) atau sebanyak 178 jiwa dari Gampong Dayah Tutong Kecamatan Pidie mengungsi ke Meunasah guna memperoleh tempat lebih tinggi.
Banjir diperkirakan mencapai 40-80 sentimeter atau perkiraan di atas lutut orang dewasa.
 
“Sebagian masyarakat telah kami evakuasi dan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, mengenai kerugian serta kerusakan material sedang dalam proses pendataan oleh tim di lapangan yang terus memantau,” katanya.
 
Pihaknya berharap masyarakat tetap waspada dan mengurangi kegiatan di luar rumah karena intensitas hujan masih tinggi.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif