Barang bukti hasil pencurian kotak amal.
Barang bukti hasil pencurian kotak amal.

Pura-pura Salat, Pria di Malang Curi Kotak Amal Musala

Nasional pencurian Kabupaten Malang pencurian kotak amal
Daviq Umar Al Faruq • 21 April 2022 14:47
Malang: Polsek Pakis menangkap seorang tersangka pencurian uang kotak amal di Musala Darul Muhlisin, Dusun Boro Urek Urek, RT06/RW06, Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tersangka merupakan warga Patrang, Jember, bernama Arif Usman, 44.
 
"Pelaku melakukan pencurian uang amal dengan cara berpura-pura salat kemudian mendekati kotak amal dan mencukit gemboknya menggunakan besi yang dibungkus kertas serta dibalut isolasi warna bening," kata Kapolsek Pakis, M Lutfi, saat dikonfirmasi, Kamis, 21 April 2022.
 
Lutfi menerangkan, peristiwa itu terjadi pada Senin 18 April 2022 sekitar pukul 09.30 WIB. Saat itu, tersangka diketahui mencuri uang dari kotak amal musala sebesar Rp2.639.000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Awalnya saksi diberitahu bahwa di Musala Darul Muhlisin ada seorang laki-laki tidak dikenal sedang melakukan pencurian uang dalam kotak amal. Kemudian mereka berdua segera menuju musala dan mendapati kotak amal sudah dalam keadaan rusak dan uang didalamnya sudah hilang," jelasnya.
 
Baca juga: Resah Usai Curi Kotak Amal, Pelaku Menyerahkan Diri
 
Mengetahui kondisi itu, saksi kemudian langsung bergegas mencari terduga pelaku. Tidak lama kemudian, saksi melihat terduga pelaku berusaha melarikan diri ke arah pekarangan di belakang rumah warga.
 
"Dan setelah beberapa saat saksi berhasil mengamankan pelaku bersama barang bukti uang yang sudah di tempatkan di sebuah tas kresek tanggung warna hitam serta alat pencukit dari besi yang dibungkus kertas dan isolasi warna bening," 
 
Selanjutnya saksi melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pakis dan petugas Polsek Pakis datang ke TKP untuk menangkap pelaku dan menyita barang bukti guna penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, pelaku bakal dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif