Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Dokumentasi/ Istimewa.
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Dokumentasi/ Istimewa.

Gubernur Aceh Surati Mendagri Terkait 4 Pulau yang Diklaim Sumut

Fajri Fatmawati • 24 Mei 2022 19:55
Banda Aceh: Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah menyurati Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait empat pulau di Aceh yang diklaim masuk ke wilayah Sumatra Utara (Sumut). Nova meminta agar pulau tersebut tetap berda di wilayah administrasi Provinsi Aceh.
 
"Gubernur Aceh telah menyampaikan surat keberatan kepada Mendagri langsung agar pulau itu tetap berada di wilayah administrasi Aceh. Gubernur juga telah menyatakan akan tetap memperjuangkan agar pulau tersebut tetap menjadi wilayah Aceh," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Keempat pulau yang diklaim Sumut, yaitu Pulau Mangkir Besar, Mangkir Kecil, Pulau Lipan, dan Pulau Panjang. Keempat pulau tersebut berada di Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah Aceh sangat konsen untuk mempertahankan keberadaan empat pulau yang diklaim oleh Pemprov Sumut tersebut. Sejumlah upaya pun telah dilakukan Gubernur Aceh selama ini terkait pulau itu," ujarnya.
 
Baca: Pelempar Bom Molotov Rumah Pimpinan Ponpes di Aceh Teridentifikasi
 
Aliman menerangkan, upaya yang dilakukan Gubernur Aceh di antaranya, Gubernur Aceh telah beberapa kali menyurati Mendagri agar memfasilitasi keberadaan pulau yang sebenarnya berada dalam administrasi wilayah Aceh itu. Setiap pertemuan tim Pemerintah Aceh dengan pihak Kemendagri juga disebut selalu menyampaikan fakta dan bukti fisik dan administrasi.
 
"Upaya-upaya yang telah dilakukan Gubernur Aceh, setidaknya telah menyurati Mendagri sebanyak enam kali sejak 21 Desember 2018 hingga 22 April 2022. Terakhir Surat Gubernur Aceh no.125.1/6371 tanggal 22 April 2022 tentang Permohonan Keberatan atas Kepmendagri 050-145 tahun 2022,” jelasnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif