?Sumenep UMKM Halal Hub didukung beragam pihak yang tergabung dalam Gerakan Nasional Sinergisitas Indonesia Menuju Produsen Produk Halal Dunia 2024. Istimewa
?Sumenep UMKM Halal Hub didukung beragam pihak yang tergabung dalam Gerakan Nasional Sinergisitas Indonesia Menuju Produsen Produk Halal Dunia 2024. Istimewa

Sumenep Punya UMKM Halal Hub Pertama di Indonesia

Surya Perkasa • 25 Mei 2022 10:33
Sumenep: Sumenep, Jawa Timur, kini memiliki UMKM Halal Hub pertama di Indonesia. Sumenep UMKM Halal Hub bagian dari strategi Pemerintah Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan program Global Halal Hub yang berupaya membuat produk lokal mendunia.
 
Global Halal Hub adalah gerakan nasional yang digulirkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada 27 Januari 2022. Halal hub dibentuk untuk menciptakan ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital.
 
"Saya memberikan apresiasi pelaku UMKM karena produk ekonomi kreatif Sumenep tidak kalah dibandingkan daerah lain serta  produknya benar-benar kualitasnya sudah mendunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sumenep UMKM Halal Hub diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan (stakeholder) dalam mengakselerasi pengembangan UMKM dan produk halal Indonesia. Terutama produk-produk lokal dari Sumenep dan sekitarnya.

Sinergi bersama untuk Go Global

Sumenep UMKM Halal Hub didukung beragam pihak yang tergabung dalam Gerakan Nasional Sinergisitas Indonesia Menuju Produsen Produk Halal Dunia 2024. Sebanyak 25 perusahaan ekspor UMKM berbasis digital yang tergabung dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor (PDEkspor) menjadi bagian utama dalam pengembangan ekosistem Global Halal Hub.
 
PDEkspor menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), komunitas, pesantren, perguruan tinggi, dan pelaku UMKM. Sumenep UMKM Halal Hub tersebut nantinya disokong Goorita, platform digital UMKM yang menyasar pasar dunia, dan PDEkspor.
 
Baca: BI: Transaksi Produk Halal di E-commerce Meroket di 2021
 
Goorita sebagai platform digital yang bersinergi dengan Sumenem UMKM Halal Hub melihat potensi produk perikanan, pertanian, dan peternakan dapat dioptimalkan. Bahkan, Sumenep juga terkenal sebagai sentra perajin keris terbesar di Indonesia yang sudah diekspor ke Malaysia hingga Thailand.
 
“Selama pandemi Covid-19 permintaan ekspor produk halal meningkat tajam. Tahun 2022, valuasi ekspor produk halal anggota PDExpor akan mencapai USD 138 juta. Terdiri dari 1,5 juta item produk halal dan 24.000 ton produk pertanian,” kata CEO Goorita Yuwono Wicaksono.
 
Ekosistem ini juga didukung oleh Youtap Indonesia untuk pembayaran non tunai. Solusi digital seperti aplikasi POS, solusi E-Menu, dan customer self order (order mandiri) juga dimaksimalkan untuk mendorong transaksi di outlet Halal Hub.
 
Halal hub dibentuk untuk menciptakan ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital.

Potensi dan kesiapan Sumenep UMKM Halal Hub

Sumenep UMKM Halal Hub diharapkan menjadi program berkesinambungan yang mensejahterakan warga. Pemerintah Kabupaten Sumenep melihat potensi besar berkembangnya produk halal di wilayah ini dengan jumlah penduduk sekitar 1 juta dan 98 persennya warga muslim.
 
Sejumlah fasilitasi telah dan disiapkan untuk mendukung semangat Global Halal Hub tersebut. Sumenep UMKM Halal Hub akan menyediakan ruang workshop pembinaan, ruang konsultasi UMKM, ruang sinergi antar dinas, ruang paguyuban UMKM, dan logistik hub.
 
Pengembangan langsung produk dalam waktu dekat ialah ruang packaging (pengepakan) dan storage (penyimpanan) bagi UMKM lokal. 
 
"Kami dari pemerintahan Sumenep turut bangga dan berkomitmen kuat untuk meningkatkan produk UMKM desa-desa Sumenep agar mampu go internasional dan bersaing di pasar lokal dan global," kata Bupati Sumenep Ahmad Fauzi.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif