Sejumlah anak berenang dan bermain air di pantai Kampung Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (27/2/2011). Foto: MI/Panca Syurkani
Sejumlah anak berenang dan bermain air di pantai Kampung Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (27/2/2011). Foto: MI/Panca Syurkani

Kampung KB Akan Ada dari Sabang hingga Merauke

Nasional keluarga berencana
Antara • 11 Maret 2016 23:14
medcom.id, Papua: Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mencanangkan program Kampung KB secara terintergrasi dari Sabang sampai Merauke di Kampung Mimi Baru Distrik Jagebob, Papua.
 
"Saya berharap deklarasi atau komitmen bersama ini menjadi saksi kekuatan dalam mendukung pelaksanaan program dari berbagai sektor Kampung Mimi Baru Distrik Jagebob," kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty seperti dilansir Antara, Jumat (11/3/2016).
 
Surya menganggap Kampung KB sebagai salah satu program inovasi dalam upaya menjalankan kegiatan Program Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi antara BKKBN dengan lintas sektoral.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surya menyebutkan BKKBN memprakarsai program Kampung KB, sedangkan perencanaan pembangunan didukung seluruh pemangku jabatan di Papua. "Sehingga keberadaan Kampung KB pun akan memberikan manfaat bagi masyarakat di mana pun Kampung KB tersebut berada," ujar Surya.
 
BKKBN juga berkontribusi menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Bantuan Operasional KB (BOKB) Subbidang KB, pelaksanaan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) KKBPK kepada masyarakat.
 
Selanjutnya menyelenggarakan pelayanan KB bagi keluarga kurang mampu, memberi fasilitasi bagi keluarga yang memiliki balita, remaja atau lansia, memberi edukasi dan advokasi tentang kesehatan reproduksi remaja (katakan tidak pada seks pranikah, tidak pada pernikahan usia dini, dan tidak pada napza).
 
Serta perencanaan pendidikan, pekerjaan, pernikahan, keluarga, hidup sehat, partisipasi dalam masyarakat bagi remaja melalui Program Generasi Berencana (GenRe). "Program ini sesuai dengan visi dan misi dari Gubernur Papua yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera," ucap Surya.
 
BKKBN juga melaksanakan program Revolusi Mental berbasis keluarga seperti pendidikan anak, penerapan nilai etos kerja, integritas, dan gotong royong.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif