Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (17/9). ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho.
Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (17/9). ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho.

16 Calon Haji Jateng DIY Dipulangkan

Nasional Haji 2019
Pythag Kurniati • 05 Agustus 2019 20:23
Boyolali: Belasan calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpaksa dipulangkan ke daerah masing-masing. Calon-calon haji tersebut batal diberangkatkan ke tanah suci tahun ini lantaran berbagai sebab.
 
"Sampai hingga kloter terakhir yang diberangkatkan, terhitung kita sudah memulangkan 16 calon haji," kata Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Agus Widakdo saat dikonfirmasi, Senin, 5 Agustus 2019.
 
Agus menjelaskan dari 16 calon haji tersebut dua di antaranya dipulangkan lantaran hamil. Kemudian 11 orang mengalami sakit dan tiga orang merupakan pendamping.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka akan diberangkatkan kembali jika memenuhi istitoah kesehatan," jelas Agus.
 
Agus memaparkan kloter terakhir yang membawa jemaah calon haji telah diberangkatkan hari ini, Senin, 5 Agustus 2019. Mereka tergabung dalam kloter 97.
 
347 orang calon haji itu berasal dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo. "Mereka berangkat melalui Bandara Adi Soemarmo siang tadi pukul 14.50 WIB," ungkap Agus.
 
Hingga saat ini sebanyak 34.756 calon haji Jawa Tengah dan DIY telah diberangkatkan ke tanah suci. Selama dua gelombang masa pemberangkatan, PPIH mencatat ada 12 orang calon haji asal Jawa Tengah dan DIY wafat.
 
"Rinciannya 10 orang wafat di Arab Saudi, satu orang di embarkasi dan satu orang wafat saat berada di pesawat dalam perjalanan ke tanah suci," pungkas Agus.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif