Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Ojek Daring Dilarang Masuk Markas Polisi di Yogyakarta

Nasional Ledakan di Polrestabes Medan
Patricia Vicka • 14 November 2019 17:54
Yogyakarta:Polda DIY memperketat pemeriksaan tamu yang hendak masuk dan keluar kantor polres dan Polda DIY setelah insiden ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatra Utara. Ojek daring pun dilarang masuk ke dalam markas polisi.
 
"Kalau ada ojek online, dia berhenti cukup sampai di pos penjagaan saja. Kita tanya bawa apa? Untuk siapa? lalu kita kontak orang yang dituju buat konfirmasi kebenarannya," kata Wakapolda DIY Brigjen Karyoto, di Yogyakarta, Kamis, 14 November 2019.
 
Setelah proses wawancara singkat, ojek daring bisa mengantar pesanan ke dalam markas atau diambil langsung pemesan ke pos penjagaan. Dia menerangkan peningkatan pengamanan lantaran teroris kian kreatif menyusun langkah teror.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengakunya kiriman makanan. Tapi bisa jadi bahaya juga. Misalnya yang dikirim racun atau bom gimana. Kita ga tahukan," tegasnya.
 
Pihaknya akan mengevaluasi dan memperketat sistem keamanan masuk keluar tamu. Dia mengungkap tamu wajib meninggalkan tanda pengenal.
 
"Sekarang petugas keamanan kami selalu pegang senjata. Artinya kalau ada kecurigaan pelaku teror, bisa langsung ditembak, nanti kita perkuat lagi," tandasnya.
 
Bom bunuh diri menghantam Polrestabes Medan. Pelaku menyusup mengenakan jaket ojek daring. Dia dapat menembus gerbang saat warga ramai mendatangi Polrestabes Medan.
 
Saat itu, masyarakat sedang mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang dibutuhkan mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pelaku sempat berjalan sekitar 30 sampai 50 meter dari pintu gerbang Polrestabes Medan.
 
Pukul 08.45 WIB, bom yang dibawa pelaku meledak di halaman Polrestabes Medan. Enam orang luka ringan akibat peristiwa tersebut. Korban yakni empat polisi, satu pegawai harian lepas, dan satu masyarakat. Sedangkan pelaku tewas di tempat.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif