Siswa SD Gedangklutuk dipindahkan ke ruang bekas gudang, Kamis, 7 November 2019. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Siswa SD Gedangklutuk dipindahkan ke ruang bekas gudang, Kamis, 7 November 2019. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Atap Nyaris Ambruk, Siswa SD Menempati Bekas Gudang

Nasional sekolah ambruk
Ahmad Mustaqim • 07 November 2019 21:16
Yogyakarta: Atap salah satu gedung SD Gedangklutuk di Dusun Gedangklutuk, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kondisi memprihatinkan. Atap nyaris ambruk dan hanya disangga memakai empat tiang bambu.
 
Pihak sekolah memutuskan memindahkan satu kelas yang sebelumnya berada di bangunan rusak itu. Para siswa belajar di ruang bekas gudang.
 
"Ruangannya di sebelah selatan. Ruangnya sebelumnya untuk tempat peralatan olahraga, atau gudang," kata Kepala SD Gedangklutuk, Jaman, di Gunungkidul, Kamis, 7 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jaman mengatakan sudah mengusulkan bangunan sekolahnya direhabilitasi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lantaran agak terlambat prosesnya, pihak sekolah tak mengajukan dana alokasi khusus.
 
Jaman menyatakan mengusulkan rehabilitasi gedung ke Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) pada 2018. Disdikpora lantas menyatakan kesanggupan rehabilitasi pada 2020 mendatang. "Kami terus upayakan agar (gedung sekolah) segera diperbaiki," ujarnya.
 
Kondisi saat ini, pihak sekolah hanya bisa melakukan antisipasi agar bangunan tak sepenuhnya ambruk. Selain pakai tiang bambu penyangga atap, juga dipasang pengaman di bawah atap.
 
Saat kondisi hujan, ia melanjutkan, dibuka kemungkinan memindahkan kegiatan belajar ke Balai Dusun atau SMP Negeri 3 Saptosari yang jaraknya tidak terlalu jauh. "Itu nanti untuk situasi yang mengkhawatirkan," katanya.
 
Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menyatakan telah berkoordinasi dengan Disdikpora untuk rehabilitasi gedung SD Gedangklutuk.
 
"Perbaikan sebelum musim hujan. Kalau menunggu 2020, kelamaan," ujar Immawan.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif