Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.

Jatim Akan Punya Pusat Pengelolaan Limba B3 di Lamongan

Nasional pengolahan limbah
Amaluddin • 12 Juli 2019 18:01
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan membangun Pusat Pengelolaan Limbah Industri (PPLI) dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) di Kabupaten Lamongan. Rencananya PPLI dan B3 itu akan dibangun oleh PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.
 
Khofifah menjelaskan untuk merealisasikan pembangunan pusat limbah tersebut pihaknya akan bersinergi dengan pihak terkait termasuk masyarakat setempat. Mengingat warga Lamongan sempat menolak rencana pembangunan limbah B3 dan PPLI tersebut.
 
"Makanya perlu sinergitas dengan masyarakat. Karena pembangunan industri apapun itu, harus seiring dengan penyiapan lahan pengelolaan limbah. Tentu harus dikomunikasikan dengan lebih seksama," kata Khofifah di Surabaya, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang nomor satu di Jatim itu menegaskan bahwa rencana pembangunan PPLI dan B3 di Lamongan bakal terwujud. Sebab, pembangunan pengelolaan limbah di Jatim termasuk di dalam Indeks Kinerja Utama (IKU) Pemprov Jatim dalam RPJMD 2019-2024. "DPRD Jatim telah menyetujui RPJMD itu," jelas Khofifah.
 
Menurut Khofifah pembangunan pusat pengelolaan limbah menjadi bagian upaya Pemprov Jatim untuk menjaga lingkungan hidup di tengah rencana penguatan industri di Jatim. Kedepan bisa berkontribusi menopang pertumbuhan ekonomi selama lima tahun ke depan.
 
Adapun kontribusi pengembangan industri di Jatim terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), hingga akhir 2018 lalu mencapai 29,73 persen. Khofifah yakin industri di Jatim berpotensi menghasilkan 170 juta ton per tahun, dan 35 persen di antaranya belum terkelola.
 
"Makanya kami menyiapkan lahan untuk pengolahan limbah adalah sesuatu yang niscaya," pungkas Khofifah.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif