Kemendes PDTT menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok, NTB (Foto:Dok.Kemendes PDTT)
Kemendes PDTT menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok, NTB (Foto:Dok.Kemendes PDTT)

Kemendes PDTT Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Nasional Berita Kemendes PDTT
Gervin Nathaniel Purba • 13 Agustus 2018 14:05
Lombok Timur: Para pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bergerak cepat membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Tiga truk dan satu kendaraan bak terbuka berisi bantuan untuk pengungsi telah disalurkan ke Lombok Timur dan Lombok Barat, diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB. Penyerahan bantuan berlangsung pada Sabtu, 11 Agustus 2018, oleh tim Kemendes PDTT, diterima Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD NTB Agung Pramuja.
 
Empat kendaraan angkut yang dibawa berisi berbagai jenis logistik dan peralatan untuk membantu para korban. Isinya terpal, air bersih, tikar, selimut, air minum, termasuk genset.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bantuan tersebut merupakan swadaya dari para pegawai hingga pejabat Kemendes PDTT yang tergerak setelah melihat beban para pengungsi. Menurut Kasubdit Penanganan Daerah Rawan Bencana, Direktorat PDRB, Dirjen PDTU Kemendes PDTT Ferry Syahminan, sebelum bantuan diberikan, pihaknya telah melakukan identifikasi oleh tim pendamping desa yang tersebar di Lombok.
 
Tim di lapangan diminta menginventaris kebutuhan yang paling diperlukan pengungsi, kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi oleh timnya.
 
"Tugas kami sebenarnya pada sesudah dan sebelum bencana. Tapi kami diminta oleh menteri untuk inventarisir kebutuhan pengungsi dan melakukan kaji cepat. Kemudian kami melihat ada beberapa barang yang sangat diperlukan oleh pengungsi dan kami bawa hari ini,” kata Ferry dalam keterangan tertulis, Senin, 13 Agustus 2018.
 
Target bantuan akan disebar ke beberapa titik di Lombok Barat dan Lombok Timur, karena menurut informasi yang mereka terima konsentrasi logistik banyak yang mengarah ke Lombok Utara. "Artinya, kami sasar yang belum terlalu banyak disentuh bantuan," kata dia.
 
Pada kesempatan itu, Agung Pramuja yang menerima secara simbolis, mewakili ucapan rasa syukur dan terima kasih dari para korban.
 
"Apa yang bapak berikan kepada kami, tidak melihat dari besar kecilnya, tapi kami melihat dengan rasa syukur,” kata Agung.
 
Ia mengungkapkan kondisi Lombok saat ini dalam keadaan terpuruk secara ekonomi dan sosial. Pemerintahan juga sangat terdampak sehingga tidak bisa bekerja maksimal, sehingga apapun yang diberikan, menurutnya amat bermanfaat bagi pengungsi.
 
Rencananya, distribusi bantuan Kemendes PDTT itu akan diserahkan melalui posko yang ditunjuk di Lombok Barat dan Lombok Timur. Selanjutnya tim di posko diminta segera droping bantuan ke titik pengungsi termasuk paling pelosok. "Agar terjadi pemerataan bantuan. Iitu harapan kami,” ucap Agung.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif