ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Dinkes Data Ulang ODHA di Bandung

Al Abrar • 01 Desember 2021 11:14
Bandung: Dinas Kesehatan Kota Bandung terus melakukan pendataan terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Pasalnya hingga kini ada sekitar 9 ribu ODHA belum terdata dan terkontrol oleh Dinkes Kota Bandung.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani Apip mengatakan, secara akumulatif jumlah ODHA yang berada di Kota Bandung saat ini mencapai 11 ribu orang. Sedangkan secara administratif yang merupakan penduduk Kota Bandung sebanyak 5.500 orang, berbanding terbalik dengan data yang ada di Kementerian Kesehatan yakni 9 ribu orang.
 
"Estimasi dari Kementerian Kesehatan ada sekitar 9 ribu lebih warga Kota Bandung ODHA. Jadi kita masih PR terus mencari orang-orang dengan HIV positif. Yang terdata di fasilitas kesehatan itu untuk warga Kota Bandung ada 5.500 orang, tapi secara keseluruhan ada 11 ribu (orang)," kata Rosye Rosye di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu, 1 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rosye mengaku, pihaknya terus mencoba memberikan penyuluhan akan kesadaran warga untuk memeriksakan diri agar bisa mendapatkan penanganan salah satunya diberikan obat ARV. Pasalnya, lanjut Rosye, masih banyak warga yang enggan untuk memeriksaan diri meski telah berperilaku resiko tingga tertular HIV/AIDS.
 
"Karena bisa jadi mereka sendiri enggak tahu. HIV ini tidak hanya menyerang orang-orang dengan berperilaku beresiko saja, jangan selalu diartikan bahwa menggunakan jarum, melakukan seks bebas. Sekarang yang harus kita waspadai adalah kelompok resiko rendah yaitu ibu rumah tangga, dari ibu ke anak," bebernya.
 
Baca: Ribuan Vaksin Covid-19 di Bengkulu Utara Kedaluwarsa
 
Selain itu diakui Rosye, lingkungan pun menjadi salah satu faktor untuk mendorong warga yang diduga terpapar HIV agar mau memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Pasalnya, Dinkes Kota Bandung menyiapkan obat ARV bagi warga yang terinfeksi HIV.
 
"Persediaan ARV aman sekarang. Intinya jangan takut untuk memeriksakan diri, apalagi kalau sudah berkeluarga. Sayangi keluarga kalian, sayangi lingkungan kalian, dan tentunya sayangi diri kalian agar imunitas tetap terjaga," ungkapnya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif