Kondisi mobil tanki bermuatan CPO minyak sawit yang tumpah di jalur Desa Pontolo Puncak, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (18/11). ANTARA/Susanti Sako
Kondisi mobil tanki bermuatan CPO minyak sawit yang tumpah di jalur Desa Pontolo Puncak, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (18/11). ANTARA/Susanti Sako

Ribuan Liter Minyak Sawit Tumpah di Lintas Sulawesi Gorontalo

Antara • 18 November 2021 17:27
Gorontalo: Ribuan liter minyak sawit tumpah di Lintas Sulawesi, jalur Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Kamis, 18 November 2021. Insiden tersebut menyebabkan antrean panjang lebih dari 3 kilometer dari dua arah.
 
Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Dicky Irawan Kesuma, mengatakan pihaknya hanya membuka satu jalur arus lalu lintas dari dan ke Gorontalo melewati kawasan puncak Desa Pontolo.
 
"Jika tidak, dikhawatirkan akan banyak kendaraan terguling akibat kondisi jalan yang sangat licin dan sempit," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Insiden bermula akibat adanya truk bermuatan batu yang mogok di tengah jalan menyebabkan kendaraan lainnya sulit melintas. Namun pengemudi mobil tangki Crude Palm Oil (CPO) minyak sawit dari arah Paguyaman, Kabupaten Gorontalo tujuan Bitung, Sulawesi Utara, tiba-tiba muncul hendak melintasi jalur turunan di puncak Pontolo.
 
Namun nahas, bagian belakang tangki menghantam bagian belakang truk batu. Sehingga menyebabkan katup tangki terbuka dan menumpahkan sekitar 5 ribu liter minyak sawit.
 
Baca: 4 Tewas Usai Truk Tabrak Sejumlah Pengendara di Jalur Cirebon-Bandung
 
Pihaknya, kata Dicky, menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas di Puncak Pontolo. Pasalnya, kata dia, jalan menjadi sangat licin dan rawan menimbulkan kecelakaan.
 
Beberapa pengendara yang nekat, kendaraannya hampir terguling akibat jalan yang sangat licin. Apalagi minyak masih terus tumpah karena kebocoran tangki tidak dapat diperbaiki.
 
Terlebih, kata dia, mobil tangki sepanjang 12 meter itu berisiko untuk dievakuasi. Namun truk bermuatan batu telah berhasil dievakuasi dari lokasi.
 
Dicky meminta pengendara mobil tanki minyak sawit dan truk batu segera mengatasi kondisi tersebut. Mengingat tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas menjadi sangat tinggi.
 
"Keduanya perlu bertanggungjawab akibat kelalaian yang ditimbulkan," katanya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif