ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Gugus Tugas Sulsel Operasikan Dua Mobil PCR

Nasional Virus Korona
Muhammad Syawaluddin • 12 Agustus 2020 20:28
Makassar: Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 segera mengoperasikan mobil Polymerase Chain Reaction (PCR). Hal itu sebagai langkah mempercepat proses tracking atau tes swab covid-19.
 
"Mobil PCR sudah ada sebanyak 2 unit. Mobil ini sudah tiba, dan bapak gubernur juga sudah meninjau," kata, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
Baca: BPOM: Uji Klinis Vaksin Korona Selesai Januari 2021

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ichsan menjelaskan mobil PCR itu akan dioperasikan oleh tim yang memang disiapkan khusus untuk itu. Setiap mobil akan disiapkan lima orang yang terdiri dari driver, kapten, dan tiga petugas laboratorium yang akan mempercepat pemeriksaan swab nantinya.
 
Ichsan menjelaskan dengan adanya mobil PCR ini pemeriksaan virus korona bisa bertambah setidaknya 600 hingga 700 spesimen setiap harinya. Dengan kecepatan 8 spesimen dalam sekali running.
 
Harga mobil tersebut seharga Rp3,5 Miliar atau secara total Rp7 Miliar. Untuk pengoperasiannya akan dioperasionalkan untuk penanganan di rumah sakit gawat darurat, dan di pasar-pasar yang ada di daerah zona merah seperti Kota Makassar.
 
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan dalam kondisi saat ini yang paling penting adalah melakukan tracking masif serta edukasi kepada masyarakat. Sehingga untuk mempercepat proses testing atau pemeriksaan sampel swab pihaknya merasa perlu memiliki alat swab tambahan.
 
"Saya kira ini penting sekali terutama dalam rangka menentukan status pasien yang sementara dirawat. Kita tidak ada alasan lagi menunggu hasil swab dari laboratorium karena kita sudah punya mobil untuk mobile swab," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif