Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD)
Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD)

MUI Kota Tangerang Izinkan Warga di Luar Zona Merah Salat di Masjid

Nasional Virus Korona Idulfitri 2020
Hendrik Simorangkir • 19 Mei 2020 19:25
Tangerang: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang memberi kelonggaran untuk pelaksanaan salat Idulfitri. Wakil Ketua MUI Kota Tangerang, Ahmad Baijuri Khotib, mengatakan memperbolehkan warga yang ingin salat Idulfitri di masjid.
 
"Tapi dengan syarat tidak berada di zona merah korona," ujarnya, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Selain itu, kata dia, protokol kesehatan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus diterapkan ketat. Yakni menggunakan masker, physical distancing, dan membawa sajadah sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"|Lalu dipecah, jangan terjadi penumpukkan. Dipecah salat di masjid atau musala lainnya," jelasnya.
 
Baijuri menuturkan dewan kemakmuran masjid (DKM) wajib melaporkan kepada MUI maupun petugas keamanan setempat, bila tetap melaksanakan salat Idulfitri di masjid. Namun, dia mengimbau, agar DKM tidak mengadakan salat Idulfitri.
 
"Sebab dikhawatirkan jemaah mereka berasal dari berbagai daerah yang sulit terpantau. Kalau masjid yang dipastikan tidak mengadakan salat Idulfitri yakni Masjid Al-azhom dan Masjid Agung di Pasar Lama," ujarnya.
 
Baca:Bekasi Izinkan Salat Id Berjemaah di 30 Kelurahan Zona Hijau
 
Dia menerangkan dalam syariat Islam, salat Idulfitri hukumnya sunah. Keadaan mendesak saat ini, memperbolehkan salat Idulfitri berjemaah di rumah bersama keluarga.
 
"Dipermudah saja, kalau tidak bisa khotbah ya sudah salat Idulfitri biasa saja dengan niat 2 rakaat selesai," jelasnya.
 
Sementara, Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kota Tangerang, Dedi Mahfudin, sepakat dengan imbauan salat Idulfitri di rumah. Namun, ia mengaku tidak dapat membendung keinginan masyarakat yang ingin melakukan salat Idulfitri di masjid.
 
"Kita hanya bisa mengimbau untuk salat Idulfitri di rumah dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kami sepakat karena masih dalam PSBB," kata Dedi.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif