Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Disematkan Sebagai Gubernur Desa

Nasional ridwan kamil dana desa pembangunan desa
Roni Kurniawan • 18 Februari 2020 18:04
Bandung: Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) menyematkan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Desa. Berbagai program pro desa menjadi salah satu keberhasilan Emil membangun desa di Jabar.
 
Berbagai program pro desa dicetuskan Emil selama memimpin Jabar hingga kini. Satu desa satu perusahaan, patriot desa, dan mobil aspirasi kampung juara (maskara) merupakan program unggulan Emil untuk memajukkan desa.
 
"Kami sematkan Pak Gubernur Emil sebagai Gubernur Desa. Karena kepedulian beliau terhadap desa sangat besar, dan kami akan terus mendukung program-program beliau untuk memanjukkan desa," ujar Ketua Umum Apdesi, Sindawa Tarang, usai pelantikan pengurus Apdesi DPD Jawa Barat di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa, 18 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sindawa pun apresiasi berbagai program yang dicetuskan Emil mampu meningkatkan status desa di Jabar. Pasalnya, lanjut Sindawa, tak semua kepala daerah memberikan perhatian terhadap desa-desa.
 
Ia pun mengaku akan mengadopsi berbagai inovasi dari Jabar ke beberapa provinsi untuk memajukkan desa. Ia menyakini desa yang menjadi pondasi keberhasilan untuk mencapai visi misi Presiden Joko Widodo menuju Indonesia maju.
 
"Dengan pemikiran Pak Gubernur ini sudah melaporkan bahwa kalau Indonesia mau kuat, maju, dan sejahtera maka harus dimulai dari desa. Karena kalau sudah seluruhnya maju maka Indonesia akan menjelma menjadi sebuah negara sejahtera," ujarnya.
 
Sementara itu Emil mengaku bangga dengan julukan gubernur desa meski hal itu bukan tujuan utama memimpin Jabar. Namun ia menegaskan komitmen untuk terus memajukan desa di Jabar.
 
"Saya kerja ini bukan untuk dapat julukan, saya kerja karena menurut saya itu penting dan membawa perubahan. Tapi kalau ada apresiasi ya alhamdulillah, jadi ada perubahan yang luar biasa," ucap Emil ditempat yang sama.
 
Bahkan ia memastikan saat ini tidak ada desa tertinggal di Jabar. Hal itu, lanjutnya, desa-desa di Jabar akan terus didorong untuk menuju desa digital.
 
"Statistik-statistik hanya dalam setahun kan desa tertinggal sudah hilang, kemudian ada ratusan status desa maju, mandirinya lompat, dan lain sebagainya," tegas Emil.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif