ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Desa di Kalteng Terendam Banjir

Media Indonesia • 20 September 2022 17:33
Kalteng: Tingginya intensitas curah hujan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membuat sejumlah permukiman warga yang berada dibantaran sungai dan didataran rendah terendam banjir.
 
Di Kabupaten Kotawaringin Barat, beberapa desa di tiga kecamatan tergenang banjir, seperti kecamatan Arut Selatan, Arut Utara dan Kotawaringin Lama. Menindaklanjuti hal ini, Pemkab Kabupaten Kotawaringin Barat menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak.
 
"Mari kita sama-sama berdoa, semoga musibah banjir ini segera berakhir sehingga masyarakat kitab bisa beraktifitas secara normal," kata Pj. Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo, Selasa, 20 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anang Dirjo didampingi dinas terkait juga melihat titik-titik banjir di beberapa wilayah secara langsung. "Kita ingin melihat secara langsung kondisi di lapangan sekaligus memberi support kepada saudara-saudara kita," imbuhnya.
 
Sementara itu, sebanyak dua desa di Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, yaitu Desa Tanjung Taruna dan Desa Tumbang Nusa sudah hampir dua pekan ini dilanda banjir. Ketinggian banjir mencapai 50 cm.
 
Baca: 12 Kelurahan di Palangka Raya Terdampak Banjir Kiriman

Kepala Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Raya Lily membenarkan banjir yang menggenangi Desa Tumbang Nusa ini sudah berlangsung satu pekan. Banjir merupakan kiriman dari hulu.
 
"Hingga saat ini sudah ada 6 rumah yang terendam banjir, dengan ketinggian air mencapai mencapai 50 cm dan merendam akses jalan sepanjang1,5 km menuju Desa Tumbang Nusa Bawah dan Tumbang Nusa Atas," ucap Lily.
 
Kendati begitu, transportasi warga dan kegiatan belajar mengajar sekolah tetap berjalan. Saat ini, pemerintah desa terus mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan meningkatkan kesiapsiagaan.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif