Sebuah mobil melintas di ruas Tol Kanci - Pejagan. Medcom.id/ Ahmad Rofahan
Sebuah mobil melintas di ruas Tol Kanci - Pejagan. Medcom.id/ Ahmad Rofahan

Operator Tol Kanci-Pejagan Siagakan Petugas Antisipasi Pembakaran Lahan

Ahmad Rofahan • 19 September 2022 15:44
Cirebon: Kecelakaan maut di Tol Pejagan-Pemalang yang melibatkan 13 disebabkan adanya asap pembakaran lahan yang menggangu pandangan pengendara.
 
Untuk mengantisipasi kejadian serupa, PT Semesta Marga Raya (SMR) selaku operator Tol Kanci-Pejagan menyiagakan petugas untuk mengantisipasi hal tersebut terulang.
 
"Sehingga kami sudah siagakan dan memberikan intruksi khusus kepada para petugas," kata Kepala Cabang PT Semesta Marga Raya (SMR) Ruas Tol Kanci-Pejagan, Uum Jumadi, Senin, 19 September 2022.
 
Baca: Kebakaran Ilalang Penyebab Kecelakaan Beruntun di Brebes Diselidiki

Dia menjelaskan walaupun kecelakaan kemarin bukan terjadi di wilayahnya, namun menjadi pembelajaran penting untuk semua pihak agar kejadian serupa tidak terulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Uum menuturkan pembakaran sisa pertanian yang ada di sekitar jalur tol Kanci-Pejagan sudah sering terjadi. Oleh karena itu pihaknya juga mengubah salah satu mobil rescuenya menjadi berbentuk tangki.
 
"Karena untuk mengantisipasi, adanya pembakaran lahan yang mengganggu area tol," jelas Uum.
 
Selain itu pihaknya juga sudah meminta kepada petugas yang melakukan patroli, membawa jerigen berisi air. Selain berfungsi untuk membantu pengendara yang kehabisan air radiator, air tersebut juga bisa digunakan untuk mematikan api.
 
Pihaknya juga mengaku sering menegur warga yang melakukan pembakaran lahan, yang dampaknya merembet ke pengguna jalur tol.
 
Manajemen Tol Kanci-Pejagan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa asap yang dihasilkan dari membakar lahan tersebut sangat membahayakan pengguna tol.
 
"Kami sudah berikan edukasi, namun tetap terulang. Oleh karena itu, kami minta petugas untuk merespon cepat jika ada pembakaran lahan," ungkap Uum.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif