Muzakir Manaf menyerahkan sertifikat tanah kepada mantan kombatan saat memperingati 17 tahun damai Aceh. Foto: Istimewa
Muzakir Manaf menyerahkan sertifikat tanah kepada mantan kombatan saat memperingati 17 tahun damai Aceh. Foto: Istimewa

Muzakir Manaf Sebut Bendera Aceh Akan Dikibarkan Desember 2022

Fajri Fatmawati • 15 Agustus 2022 16:23
Banda Aceh: Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf mengatakan bendera Aceh Bintang Bulan akan dapat dikibarkan di seluruh Aceh. Bendera Aceh itu dapat dikibarkan pada 4 Desember 2022 atau pada Milad GAM.
 
Menurut Muzakir, saat ini kehadiran bendera itu tidak lagi dipersoalkan. Apalagi kepastian pengibaran bendera Aceh itu sudah disampaikan oleh Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani.
 
“Insyaallah tidak lama lagi, tidak ada keributan lagi bendera akan naik mungkin pada 4 Desember. Dengan catatan, revisi,” kata Muzakir Manaf, saat memperingati 17 Tahun Damai Aceh di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh, Senin, 15 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menyambut itu, ia menginstruksikan agar setiap halaman perkantoran di Aceh agar memasang dua tiang bendera. Satu untuk Merah Putih yang tinggi kemudian satu lagi untuk bendera Aceh yang lebih rendah.
 
“Jadi semua di kantor-kantor mulai saat ini sudah dapat menyediakan dua tiang, satu panjang dan satu pendek untuk bendera,” ujarnya.
 
Baca: Wali Kota Palembang Turun ke Jalan Bagikan 10 Ribu Bendera Merah Putih
 
Ia menyebutkan perdamian di Aceh akan tetap kekal seiring dengan terlaksananya butir-butir MoU Helsinki yang telah dikabulkan oleh Pemerintah Indonesia. 
 
"Insyaallah dalam waktu dekat ini semua aman damai seperti kawan-kawan bilang tadi, perdamaian di Aceh akan kekal dan hakiki selama-lamanya," jelasnya.
 
Muzakir menyampaikan bendera Aceh tersebut merupakan salah satu yang termasuk dalam butir-butir MoU Helsinki yang ditandatangani 15 Agustus 2005. Kehadiran bendera itu juga sudah memiliki payung hukum lewat qanun Nomor 3 Tahun 2013 yang telah disahkan oleh DPR Aceh.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif