Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto Medcom.id Rizky).
Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto Medcom.id Rizky).

Bendungan Katulampa Siaga 2, Jakarta Diminta Waspada

Antara • 14 Agustus 2022 21:23
Bogor: Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, yang dialiri Sungai Ciliwung mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) hingga mencapai 180 sentimeter (cm). Kondisi ini pun membuat Bendungan Katulampa siaga 2.
 
Petugas jaga Bendung Katulampa Muhamad Jaenudin mengatakan hujan sedang hingga deras di kawasan Puncak Bogor, Kabupaten Bogor, dan hujan sedang hingga di wilayah Kota Bogor pada sejak sore hari membuat arus Sungai Ciliwung cukup tinggi.
 
"Cukup tinggi malam ini, siaga 2. Warga Jakarta waspada. Cuaca masih hujan gerimis juga di Kota Bogor, Puncak Bogor masih potensi hujan juga," kata Jaenudin, Minggua, 14 Agustus 2022.
 
Baca: Makin Bersih, Sejumlah Segmen Ciliwung Jadi Sumber Air Baku PDAM
 
Jaenudin menyebut status siaga 2 di Bendung Katulampa dengan ketinggian 180 cm tercatat pada pukul 19.00 WIB. Kenaikan mulai terjadi pada sore hari ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung, yakni di Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditambah, hujan ringan hingga sedang juga terjadi di Kota Bogor. Derasnya aliran Sungai Ciliwung itu akan melintas Jakarta diperkirakan pada malam hari.
 
Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Puncak Bogor di Gadog, Cibinong, Kabupaten Bogor, hingga wilayah Kota Bogor pada pukul 16.00 WIB hujan sedang hingga lebat.
 
Intensitas hujan sedang ini akan berlanjut hingga pukul 22.00 WIB malam. Pada dini hari, cuaca di hulu Ciliwung itu mulai cerah. Hal serupa juga terjadi di wilayah Kota Bogor. 
 
"Kalau hujan sedang terus hingga malam bisa saja naik siaga 1 banjir Jakarta, di atas 180 cm. Warga bantaran Sungai Ciliwung agar waspada," ujarnya.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif