Gubernur Bali I Wayan Koster. (Foto: MI/Arnoldus Dhae)
Gubernur Bali I Wayan Koster. (Foto: MI/Arnoldus Dhae)

Gubernur Bali Keluarkan Surat Edaran Dukung PSBB

Nasional Virus Korona PSBB pandemi covid-19 PSBM
Media Indonesia.com • 07 Januari 2021 07:40
Denpasar: Gubernur Bali I Wayan Koster bertindak cepat menanggapi rencana pemerintah pusat melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah Jawa Bali mulai 11 Januari 2021.
 
Gubernur Koster mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Dalam SE tersebut, Gubernur Bali secara langsung menujukkan SE itu kepada Panglima Kodam IX/Udayana, Kapolda Bali, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Bupati/Wali Kota, Camat, Kepala Desa/Lurah, Bandesa Adat se-Bali, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), hingga kepada pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum di seluruh Bali serta pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan surat edaran ini agar seluruh pihak terkait mengoordinasikan, mengomunikasikan, dan menyosialisasikan untuk dilaksanakan dengan tertib, disiplin, dan penuh tanggung jawab," ujar Koster, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Baca juga: Karawang Terus Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19
 
Ia menambahkan, "Kepada Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Bali dimohon untuk melakukan operasi penegakan disiplin guna memastikan terlaksananya surat edaran ini secara efektif. Edaran ini mulai berlaku sejak 9 Januari 2021 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," tegas Koster. 
 
Wilayah Jawa Barat di luar Jabodetabek yang berpotensi menerapkan skema ini ialah Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cimahi. Di Banten, pembatasan skala mikro bakal berlaku di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Tangerang Raya.
 
"Jawa Tengah ada Semarang Raya, Solo Raya, dan Banyumas Raya," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Pembatasan wilayah ini juga bakal berlaku di Gunung Kidul, Sleman, dan Kulon Progo di DI Yogyakarta. Pembatasan sosial berskala mikro juga akan diberlakukan di Jawa Timur yang meliputi Kota Malang dan Surabaya Raya.
 
Sementara itu Provinsi Bali ada Denpasar dan Kabupaten Badung. "Pembatasan ini dilakukan pada 11 Januari sampai dengan 25 Januari. Pemerintah akan terus melakukan evaluasi dan pengawasan secara ketat," tegas Airlangga. (Arnoldus Dhae)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif