Jemaah haji di Kompleks Masjidil Haram, Makkah. Medcom.id/Sobih AW Adnan
Jemaah haji di Kompleks Masjidil Haram, Makkah. Medcom.id/Sobih AW Adnan

Kemenag Lebak Minta Jemaah Calon Haji Jaga Kesehatan di Tanah Suci

Antara • 28 Juni 2022 07:29
Lebak: Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Banten, meminta jemaah calon haji (JCH) dari daerah itu selalu menjaga kesehatan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji agar berlangsung lancar.
 
"Kami berharap seluruh JCH dapat menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Badru Salam, saat pelepasan empat jemaah calon haji di Lebak, Senin, 27 Juni 2022.
 
Baca: Jemaah Indonesia Diminta Hemat Tenaga Jelang Puncak Haji

Pemberangkatan JCH asal Kabupaten Lebak tahun 2022 dengan total 294 orang, di antaranya 290 orang sudah berada di Tanah Suci, Mekkah melalui kloter 14.
 
Sebanyak empat calon haji diberangkatkan untuk bergabung dengan bersama jemaah dari daerah lain melalui kloter 27. Ia mengatakan keberangkatan JCH Kabupaten Lebak ke Tanah Suci berjalan lancar.
 
"Kami berharap semua JCH agar menjaga kesehatan dan kembali ke Tanah Air selamat dan bisa berkumpul bersama keluarga," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan pelaksanaan rangkaian ibadah haji menguras tenaga banyak sehingga diperlukan stamina fisik yang prima dan menjadi haji mabrur. Menurutnya JCH untuk banyak istirahat dan menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin.
 
Selain itu, ucap dia, menjaga kekompakan dan selalu dalam rombongan, serta menaati aturan di Mekkah, Arab Saudi.
 
"Begitu juga jangan sampai hilang atau lupa memakai identitas pengenal yang dipakai di gelang dan leher untuk memudahkan jika hilang atau lepas dari rombongan. Jika hilang atau lepas ID Card dan gelang maka bisa dikenali," ungkapnya.
 
Seorang warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Agus (55), mengaku bahagia bisa melaksanakan rukun Islam kelima itu setelah menunggu 12 tahun.
 
Semestinya dia tahun lalu sudah masuk pemberangkatan ke Tanah Suci namun Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menutup kegiatan itu karena pandemi covid-19.
 
Ia juga mengaku tetap menjaga kesehatan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar. "Kami bersama isteri bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji tahun 2022," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif