Masjid tujuh kubah di Jember. Foto: Dok/Metro TV
Masjid tujuh kubah di Jember. Foto: Dok/Metro TV

Masjid Tujuh Kubah di Jember

Nasional Masjid Universitas Jember arsitektur
MetroTV • 19 April 2022 16:33
Jember: Masjid Jami Baitul Amin di Jember, Jawa Timur yang memiliki tujuh kubah dan keindahan arsitekturnya yang menawan.
 
Masjid kebanggaan masyarakat Jember ini dibangun oleh arsitektur berkebangsaan Amerika Serikat, lulusan Universitas California pada tahun 1973. Kemudian diresmikan pada tahun 1976 oleh Menteri Agama Mufti Ali dan Menteri Dalam Negeri Amir Mahfud.
 
Masjid ini memiliki ciri khas sendiri dibanding dengan masjid lainnya yang ada di Indonesia. Kubah utama terdapat 17 tiang penyangga dengan lantai dasar marmer dari Italia yang dimaksudkan untuk mengingatkan umat muslim agar tidak meninggalkan salat 5 waktu dengan jumlah 17 rakaat dalam sehari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ciri khas masjid terletak pada arsitektur kubah yang saling bertumpu. Tujuh kubah yang didesain mirip gedung MPR RI memiliki arti yang cukup luas, di antaranya sebagai simbol kemapanan, simbol penciptaan, 7 langit, dan jumlah hari dalam seminggu.
 
“Masjid Jami ini nyaman dan memiliki keunikan tersendiri. Di dalam ruangannya ini berbeda dengan masjid pada umumnya dari sisi arsiteknya,” ujar warga, Hanafi dalam program Newsline di Metro Tv, Selasa, 19 April 2022.
 
Karena berada di pusat kota, masjid ini menjadi menjadi pusat kegiatan umat islam di Jember dan selalu ramai selama bulan Ramadan. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif