Permintaan ini disampaikan dalam upacara Seba Badui yang digelar satu tahun sekali. Metro TV
Permintaan ini disampaikan dalam upacara Seba Badui yang digelar satu tahun sekali. Metro TV

Newsline

Suku Badui Minta Pemkab Lebak Sahkan Perda Adat

Nasional adat istiadat banten Newsline Suku Badui
MetroTV • 08 Mei 2022 19:31
Lebak: Sebanyak 23 warga Suku Badui dari Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, dipilih Tetua Adat untuk melakukan ritual adat Seba Badui. Ritual ini dilakukan satu tahun sekali yang diawali acara berjalan kaki sejauh 50 kilometer untuk bertemu pemerintah.
 
Dalam pertemuan ini, Suku Badui meminta Pemerintah Kabupaten Lebak segera mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Adat. 
 
“Yang terpenting adalah aspirasi dari warga Badui agar secepatnya Perda Adat disahkan,” ujar Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi  dalam tayangan Newsline di Metro TV pada Minggu, 8 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puluhan warga Suku Badui tiba di Pendopo Kabupaten Lebak pada Jumat, 6 Mei 2022, petang. Bersama ratusan warga dari Suku Badui Luar, mereka beristirahat dan makan bersama dengan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Lebak sebelum melaksanakan ritual adat Seba Badui.
 
Ritual adat Seba Badui diawali dengan pemaparan maksud dan tujuan kedatangan dari Tetua Adat Jaro Saija. Tetua Adat juga menyampaikan perkembangan dan pesan-pesan dari Suku Badui.
 
Ritual juga diisi penyerahan berbagai hasil bumi dari warga Badui seperti pisang, beras, gula merah, dan pemberian laksa makanan yang paling sakral dalam upacara.
 
“Kita juga belum ada payung hukum yang mengatur di Badui sendiri, jadi kita sampaikan beberapa permintaan agar diatur sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku,” ujar Jaro Saija. (Leres Anbara)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif