Akses air bersih untuk warga pedalaman Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Dok/Metro TV
Akses air bersih untuk warga pedalaman Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Dok/Metro TV

Newsline

Metro TV dan Laznas BMH Bantu Akses Air Bersih di Pedalaman NTT

MetroTV • 09 Desember 2021 02:55
Timor Tengah Selatan: Dalam rangkaian HUT ke-21 Metro TV, program Metro TV Berbagi bekerja sama dengan Laznas Baitul Maal Hidayatullah membuka akses air bersih bagi daerah pelosok yang mengalami kesulitan air. Salah satunya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) di pedalaman Desa Bileon, Kecamatan Fautmolo, TTS, NTT.
 
Setiap hari siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 TTS harus menggali lubang-lubang kecil untuk mengambil air. Hal tersebut telah menjadi rutinitas para siswa untuk mengisi bak penampungan sekolah.
 
Bak tersebut digunakan untuk berbagai keperluan di kamar mandi dan juga ibadah. Setelah bak penampungan penuh, siswa baru masuk kelas dan dapat mengikuti pelajaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ironisnya kualitas air pun sangat tidak layak. Jika musim kemarau debit air akan sangat sedikit bahkan kering. Namun, di musim penghujan air justru menjadi keruh.
 
“Hal yang membuat kami terbengkalai dalam kegiatan di sekolah itu adalah kebutuhan air bersih, khususnya anak-anak mau apa di kamar mandi dan kegiatan-kegiatan ibadah itu juga sangat terganggu. Musim hujan airnya keruh, musim kemarau airnya kering,” ujar Ketua Komite Sekolah Awaludin Isu dalam program Newsline di Metro TV, Rabu, 8 Desember 2021.
 
Sulitnya mendapatkan air bersih juga mengakibatkan para siswa terkena berbagai penyakit mulai dari sakit kulit hingga gangguan pencernaan. Warga desa juga mengalami kondisi serupa selama hampir 34 tahun.
 
Akses air bersih bisa didapatkan di kota dan mereka pun harus mengeluarkan uang sebesar Rp1 juta. Metro TV bekerja sama dengan Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar aksi sosial dengan membuka akses air bersih di desa tersebut.
 
“Saya dengan tim berkunjung ke Desa Bileon selama perjalanan kurang lebih delapan jam hingga tiba ke lokasi ini dengan satu tujuan berbagi kebaikan bersama Metro TV yaitu pengadaan pemberian satu unit sumur bor,” kata Perwakilan BMH Muhammad Hazbullah.
 
Pengadaan air bersih melalui sumur bor ini disambut gembira oleh seluruh masyarakat, komite sekolah hingga tokoh masyarakat desa. Aksi sosial ini juga diharapkan dapat membantu aktivitas warga khususnya dalam pemenuhan air bersih. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif