Perekaman KTp-el. Foto: ANT/Adeng Bustomi
Perekaman KTp-el. Foto: ANT/Adeng Bustomi

Blangko KTP-el di Yogyakarta Diprioritaskan untuk Pemula

Nasional e-ktp
Patricia Vicka • 11 November 2019 19:43
Yogyakarta: Pengiriman blangko KTP-el ke Kota Yogyakarta turun drastis. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta memprioritaskan pencetakan blangko KTP-el untuk warga yang pertama kali memiliki KTP.
 
Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi menjelaskan pihaknya hanya menerima sekitar 500-1.000 keping blangko KTP-el setiap bulan. Sebelumnya Disdukcapil Kota Yogyakarta menerima 3.000 hingga 5.000 keping per bulan.
 
"Maka kami utamakan untuk perekaman baru. Misalnya mereka yang baru berusia 17 tahun," jelas Sisruwadi di di Kota Yogyakarta, Senin, 11 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebijakan juga berlaku secara nasional karena arahan dari Kementerian Dalam Negeri. Sementara warga yang membutuhkan KTP-el karena hilang, rusak, atau pindah diminta bersabar.
 
Pemkot hanya bisa menerbikan surat keterangan (suket) yang berlaku selama enam bulan. Suket kemudian diperpanjang jika ketersediaan blangko KTP-el belum tercukupi.
 
"Kalau blangkonya sudah tersedia dalam jumlah cukup. Warga tinggal melakukan pencetakan saja di kecamatan. tukar suket dengan KTP-el," jelasnya.
 
Dia menerangkan pengurangan jumlah blangko KTP-el terjadi setelah gelaran Pilpres dan Pileg 2019. Catatan Disdukcapil Kota Yogyakarta, warga yang sudah merekam data mencapai 99,3 persen.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif