Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal

Pemkot Bekasi Segera Serahkan Hasil Pembahasan UMK ke Ridwan Kamil

Nasional upah
Antonio • 16 November 2019 12:00
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi akan segera menyerahkan hasil pembahasan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) 2020 ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Hal itu dilakukan menyusul telah selesainya rapat penentuan UMK oleh Dewan Pengupahan pada Kamis 14 November 2019.
 
"Secepatnya akan kita ajukan ke Gubernur, biasanya yang udah-udah disetujui-setujui aja, kan udah dirapatin (melalui rapat) di tingkat kota," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Sudirman di Bekasi, Jumat, 16 November 2019.
 
Sudirman menjelaskan kenaikan UMK Bekasi 2020 mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. "Semua unsur hadir dalam rapat, baik pemerintah, buruh maupun pengusaha. Keputusan lewat hasil voting, pengusaha tidak ikut voting," jelas Sudirman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Bekasi tidak ikut dalam voting untuk memutuskan besaran kenaikan UMK Bekasi 2010. "Silahkan jika APINDO ingin ajukan pandangan atau keberatan ke gubernur," ungkap Sudirman.
 
Sebelumnya Dewan Pengupahan memutuskan upah minimum kota (UMK) Kota Bekasi, Jawa Barat, pada 2020 adalah sebesar Rp4.589.708 per bulan. Angka naik 8,51 persen dari tahun sebelumnya yakni Rp4.229.756.
 
Anggota Dewan Pengupahan Kota Bekasi dari unsur serikat pekerja, Rudolf mengatakan, penetapan UMK diputuskan di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, pada Kamis, 14 November 2019.
 
Menurut Rudolf, penetapan UMK 2020 berakhir dengan voting atas dua pilihan. Pemerintah mengusulkan 8,51 persen dan serikat pekerja mengusulkan 15 persen kenaikan.
 
"Hasil voting memenangkan usulan dari pemerintah dengan perolehan suara 15 banding empat. Hanya ada unsur pemerintah, akademisi, dan buruh yang menggunakan hak suara, sedangkan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) tidak ada satu pun yang menggunakan hak suaranya," kata Rudolf di Bekasi, Kamis, 14 November 2019.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif