NEWSTICKER
Wali Kota Palembang Harnojoyo saat meninjau kolam retensi di jalan Demang Lebar Daun, Palembang. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Palembang Harnojoyo saat meninjau kolam retensi di jalan Demang Lebar Daun, Palembang. (Foto: Istimewa)

28 Kolam Retensi Antisipasi Banjir di Palembang

Nasional antisipasi banjir
Gonti Hadi Wibowo • 19 November 2019 15:53
Palembang: Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatra Selatan, menyiapkan 28 kolam retensi guna mengantisipasi banjir jelang musim penghujan. Kolam retensi akan dilengkapi pompa untuk mengalirkan genangan air ke sungai.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Palembang, Akhmad Bastari, mengatakan, penanganan banjir di Palembang membutuhkan 78 kolam retensi. Kendati demikian, ia optimistis 28 kolam retensi yang telah ada bisa menangani banjir.
 
“Idealnya 78 kolam retensi, kita masih butuh 50 lagi kolam retensi. Pemkot Palembang kesulitan membangun kolam retensi karena terkendala pembebasan lahan,” kata Bastari, 19 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menyiapkan kolam retensi, lanjut Bastari, pihaknya juga menyiagakan enam unit pompa khusus penanganan banjir. Tiap pompa mampu meneruskan genangan air hingga 6.000 liter per detik ke sungai.
 
“Jika difungsikan semua kekuatannya mencapai 36.000 liter per detik. Kapasitas ini diyakini mampu menampung genangan air di kawasan langganan banjir seperti di Jalan A Rivai, Mayor Ruslan, Simpang Lima DPRD Sumsel, 26 Ilir,” jelasnya.
 
Bastari menjelaskan pompa sungai bendung juga bisa segera difungsikan pada Desember 2019. Pompa sungai bendung akan menjadi solusi mengatasi genangan air yang kerap terjadi, utamanya di daerah yang bermuara ke sungai bendung.
 
“Mulai dari Simpang Polda, Talang Aman, Seduduk Putih, Kuto, dan daerah sekitarnya, akan disedot menggunakan pompa ini,” ujarnya.
 
Ia menambahkan Pemkot Palembang akan menjadikan pembangungan kolam retensi sebagai salah satu prioritas pada 2020. Terutama di Sungai Sekanak Lambidaro, Alang-Alang Lebar, dan Soekarno Hatta.
 
“Ya, pembangunan kolam retensi ini akan menjadi prioritas Pemkot Palembang setiap tahunnya untuk menangani banjir yang kerap jadi permasalahan saat memasuki musim penghujan,” pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif